Monday, May 31, 2010

Ponsel Merupakan Alat Bantu Mencontek Yang Kian Digemari


www.AstroDigi.com

INILAH.COM | Minggu, 6 Februari 2010 | Aktivitas mencontek saat ujian naik drastis dengan ponsel disinyalir menjadi alat bantu. Jumlah yang bersalah dari 2008 ke 2009 meningkat 22% atau mencapai 314 orang.

Peningkatan jumlah kasus di skotladia itu dilakukan dengan menggunakan ponsel yang beberapa diantaranya memiliki akses internet.

Otoritas pendidikan Skotlandia (SQA) mengatakan bahwa hukuman untuk menyontek bervariasi dari nilai nol untuk ujian individual hingga diskualifikasi untuk semua mata ujian.

Bentuk lain dari malpraktek menyontek saat ujian termasuk siswa tertangkap bersekongkol atau membuat catatan khusus.

Tahun 2009 lalu sebanyak 736.920 responden mengambil kualifikasi nasional dan ditemukan 506 kasus pencontekan dengan hukuman dijatuhkan kepada 314 orang.

Hal ini sama dengan 0,04% dari total, lebih tinggi daripada level di Inggris yakni 0,03%.

Pada tahun 2008, terdapat 673 kasus dan 257 diantaranya ditemukan melakukan pelanggaran. Jumlah kasus pencontekan menggunakan ponsel meningkat dari 49 kasus di 2008 menjadi 113 di 2009.

Badan Pengawas Ujian mengatakan bahwa semua siswa telah diperingatkan konsekuensi mencontek dalam sebuah booklet yang diterima siswa sebelum melaksanakan ujian.

Juru Bicara SQA mengatakan, “kami telah mencatat peningkatan tajam jumlah responden yang menyalahi peraturan bahwa pengawas kami menerapkan peraturan secara serius dan inilah sebabnya jumlah siswa yang melanggar peraturan menjadi menurun saat ini”.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Ponsel Merupakan Alat Bantu Mencontek Yang Kian Digemari”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...