Friday, May 21, 2010

Misteri Bunuh Diri Karyawan Foxconn


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Senin, 17 Mei 2010 | Entah ada apa di pabrik Foxconn. Namun angka bunuh diri karyawan pabrik yang berlokasi di Cina itu makin panjang. Dalam tiga minggu terakhir, begitu lapor Gizmodo, tercatat ada 30 percobaan bunuh diri. Satu orang dilaporkan benar-benar kehilangan nyawanya.

Kematian terakhir menimpa seorang lelaki berusia 21 tahun yang dikabarkan jatuh dari jendela lantai tujuh asrama Foxconn di Shenzhen, Cina. Dia menderita beberapa tusukan pisau. Sebuah “golok” ditemukan di lokasi kejadian. Kematiannya belum diputuskan sebagai bunuh diri, walaupun meloncat dari asrama itu juga pernah terjadi di Foxconn beberapa waktu lalu.

Kolumnis Telegraph Malcolm Moore, yang merekam bunuh diri di negara ini selama beberapa waktu, melabeli kejadian tersebut sebagai “kelompok bunuh diri”, di mana “dorongan untuk melakukan bunuh diri menyebar dengan cepat di atnara sekelompok orang, seringkali remaja atau anak muda.” Faktanya, sembilan dari pekerja Foxconn yang bunuh diri dengan melompat dari asramanya awal tahun ini semua berusia 25 tahun atau lebih muda dan bekerja di Foxconn kurang dari enam bulan.

Foxconn disebutkan tidak tahu bagaimana menghentikan penyebaran “kelompok bunuh diri” ini. Perusahaan ini bahkan telah mengundang pendeta Budha untuk mencoba membersihkan pabrik Foxconn dari “arwah-arwah jahat.”

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Misteri Bunuh Diri Karyawan Foxconn”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...