Sunday, May 2, 2010

Mari Kita Sambut Kehadiran TV 3D (3 Dimensi)


www.AstroDigi.com

Surabayapost.co.id | Minggu, 25 April 2010 | Era televisi tiga dimensi (3D) telah datang dan perang pun siap dimulai. Satu per satu produsen menyatakan siap meluncurkan televisi yang diklaim lebih terang, lebih detail, dan lebih nyata.

Anda pasti pernah menonton film 3D di layar bioskop. Kenikmatan menyaksikan efek 3D ini sekarang bisa dinikmati di rumah-rumah. Ini terkait dengan semakin banyaknya produsen televisi yang memproduksi televisi berteknologi tiga dimensi itu. Managing Director PT Samsung Electronics Indonesia, Yoo Young Kim mengakui, kesuksesan film 3D menjadi aspirasi dalam menciptakan produk baru itu.

Penyerapan televisi 3D diperkirakan akan meledak tahun ini seiring berkembangnya industri film berformat 3D. Avatar terbukti sukses menghadirkan tontonan 3D di bioskop. Sementara Alice in Wonderland kini juga tengah berjuang dengan format 3D.

Tapi seperti halnya di bioskop, untuk menonton tayangan 3 dimensi di televisi ini, pengguna juga harus menggunakan kacamata 3 dimensi agar tampilan 3D bisa dinikmati secara maksimal. Dalam artian cuplikan film yang ditayangkan jadi tampak lebih hidup, benda-benda yang bergerak jadi seakan melesat keluar dari layar.

"Kehadiran televisi 3D ini akan menggeser tren TV LCD maupun TV plasma beresolusi tinggi. Ada kenikmatan tersendiri yang ditawarkan TV 3D. Dan ini akan menjadi tren dunia," kata Direktur North American TV Paul Gagnon.

Bahkan untuk menyambut kehadiran televisi 3D ini, stasiun televisi ESPN bekerja sama dengan Discovery Communications Inc segera meluncurkan program acara televisi dengan teknologi 3D. ESPN juga berencana menyiarkan kanal 3D mulai Juni dengan menayangkan siaran langsung Piala Dunia.

Di antara para raksasa produsen itu, Samsung Electronic dan Panasonic Corp telah mendahului meluncurkan televisi 3D di pasaran. Sementara Sony Corp, LG Electronic, Sharp Corp, dan Toshiba ancang-ancang memasarkannya pada Juni mendatang.

Seperti dilansir AP, Samsung siap merilis dua tipe televisi 3D. Produk pertama dijual seharga 3.000 dollar AS (sekitar Rp 27 juta) untuk TV LCD berlayar 46 inci sudah termasuk dua buah kacamata 3D dan 3D Blu-ray player berikut Blu-ray disc film Monster vs Aliens dalam format 3D.

Produk kedua akan keluar dua bulan lagi dengan harga sekitar 2.000 dollar (sekitar Rp 18 juta). Namun, paket ini untuk televisi plasma yang mendukung format 3D.

Sementara Panasonic memastikan mulai menjual televisi 3D pertamanya dengan menggandeng jaringan toko elektronik Best Buy. Tidak seperti Samsung, Panasonic menjualnya terpisah dari paket 3D lainnya. Berapa harganya, perusahaan ini belum mengumumkannya.

Sony yang akan merilis televisi 3D pertamanya di pasar Jepang pada Juni , memasang harga sekitar 3900 dollar (sekitar Rp 35 juta) untuk televisi LCD berlayar 46 inci atau sekitar 52 persen lebih mahal daripada televisi LCD konvensional tanpa kemampuan 3D.

Produsen Toshiba berencana meluncurkan lineup TV LCD 3D REGZA pada musim panas atau Juni mendatang. Televisi yang mengadopsi 3D ini akan dilempar ke pasaran dengan beberapa fitur tambahan lainnya, seperti teknologi yang memungkinkan mengkonversi dari 2D ke 3D, yang memungkinkan gambar biasa menjadi gambar 3D. "Toshiba akan membuat TC LCD REGZA yang dilengkapi dengan mikroprosesor Cell Broadband Engine, yang dikembangkan oleh IBM untuk mendukung gambar 3D, pada Juni mendatang," terang juru bicara Toshiba sebagaimana dikutip Nikkei, Minggu (18/4).

LG dikabarkani menghadirkan televisi 3D-nya di India lewat produk bernama LH50. Perusahaan Korea itu bekerjasama dengan Valuable Group, sebuah perusahaan media terkemuka di Mumbai.

Berbeda dengan kompetitornya, Sharp akan merilis TV 3D pertama yang menggunakan teknologi empat warna primer, sementara produsen lainnya mengeluarkan sistem tiga warna. Dengan tambahan warna kuning menemani merah, biru, dan hijau, kata Executive Vice President Sharp, Masafumi Matsumoto, gambar yang dihasilkan diklaim lebih terang, detail, dan lebih nyata.

Berdasarkan data lembaga riset DisplaySearch, diperkirakan permintaan untuk TV 3D ini akan mencapai lebih dari 27 juta unit pada 2013, yang mana 2,5 juta unit di antaranya mulai beredar sejak tahun ini.

Saksikan pada tayangan video berikut ini:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Mari Kita Sambut Kehadiran TV 3D (3 Dimensi)”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...