Saturday, May 29, 2010

Manusia Yang Melakukan Transplantasi Wajah Hingga Nyaris Total


www.AstroDigi.com


Gambar diambil dari: http://www.xinhuanet.com

KOMPAS.com | Kamis, 6 Mei 2010 | Inilah manusia kedua di Spanyol yang menerima transplantasi wajah nyaris total dan telah diizinkan meninggalkan rumah sakit pada hari Selasa (4/5/2010). Demikian dilaporkan media lokal.

Pasien yang diidentifikasi hanya dengan nama depan Rafael ini telah menghabiskan 14 minggu di Rumah Sakit Universitario Virgin de Rocio di kota Sevilla, Spanyol, setelah menjalani operasi pertama pada 26 Januari lalu.

Operasi yang berlangsung selama 30 jam dapat dilaksanakan setelah penelitian selama satu tahun. Hal itu juga didukung persiapan yang mencakupi untuk pengujian genetis pada tubuh lewat simulasi tiga dimensi.

Rafael menderita tumor yang telah menggerogoti dua pertiga wajahnya. Ia menjadi orang kedua di Spanyol yang menjalani transplantasi wajah.

Sebagai informasi, Spanyol melakukan operasi pertama semacam ini pada tahun 2009. Dr Gonzalez Padilla, direktur klinik bedah wajah, mengatakan, dia senang melihat kemajuan pasien.

"Dia telah mampu mengembalikan sensasi (rasa) di bibir dan pipinya. Dia (juga sudah) bisa membedakan antara panas dan dingin, dan bahkan mampu mencukur," kata Padilla.

Saksikan pada tayangan video berikut:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Manusia Yang Melakukan Transplantasi Wajah Hingga Nyaris Total”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...