Friday, May 28, 2010

HISSA HILAL, Mampu Menjadi Idola Meski Mengenakan Cadar (Penutup Wajah)


www.AstroDigi.com

INILAH.com | Jumat, 02 April 2010 | Sungguh tak disangka, seorang ibu rumah tangga bercadar di Saudi Arabia mendadak jadi Pop Idol di Timur Tengah. Kepiawaiannya berpuisi mampu menghipnotis para penggemarnya.

Wanita bercadar tersebut bernama Hissa Hilal. Penampilannya dalam 'Million's Poet' menjadi heroin bagi para penikmatnya di Arab, seperti dikutip oleh situs ananova.com dari suratkabar Daily Telegraph baru-baru ini.

Hilal bukanlah satu-satunya yang diunggulkan untuk menang, walaupun dirinya memang memiliki latarbelakang seorang editor kolom puisi di suratkabar Saudi. Namun, saat berbagai media mulai memperbincangkan puisi-puisi radikal milik Hilal, namanya pun meroket.

"Saya melihat hantu dalam mata fatwa: kini hukum dan bukan hukum keduanya membingungkan," tutur Hilal seperti yang dituliskan dalam salah satu puisinya.

"Ketika saya melangkahi kebenaran, sesosok monster dari persembunyiannya; dengan berpikir dan beraksi bak bangsa bar-bar, marah dan buta; mengenakan kematian sebagai pakaian dan melapisinya dengan sabuk," lanjut puisi tersebut.

Dalam puisi tersebut, Hilal memaparkan dirinya berusaha mengomunikasi tentang fatwa yang dipercaya oleh masyarakat Saudi Arabia dan menghubungkannya dengan sabuk yang biasa digunakan para pelaku bom bunuh diri. Puisi-puisi vokal ini kemudian membawa Hilal ke dalam ancaman-ancaman dari sejumlah ekstremis Islam, namun dalam sebuah wawancara Hilal mengatakan dirinya tak takut sedikitpun.

"Saat saya pergi ke negara-negara Muslim, saya perhatikan orang-orang barat melihat saya dengan takut, karena saya mengenakan cadar, tapi mereka tak akan melakukan hal yang sama ketika mereka melihat seorang laki-laki arab yang mengenakan tutup kepala. Lalu siapa yang bertanggungjawab dengan penampilan yang dianggap menakutkan ini? Siapa yang melakukannya? Yang membuat citra buruk tentang muslim justru para ektermis muslim," tegasnya.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “HISSA HILAL, Mampu Menjadi Idola Meski Mengenakan Cadar (Penutup Wajah)”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...