Tuesday, May 25, 2010

Di Masa Depan, iPhone Bakal Menggantikan Fungsi Kartu Kredit


www.AstroDigi.com

DETIK.com | Kamis, 20 Mei 2010 | Sejarah sistem pembayaran di dunia memang menarik. Bermula dari barter, beralih ke penggunaan emas di beberapa tempat, kemudian menggunakan kertas dan logam.

Enam puluh tahun yang lalu, kartu kredit pertama kali digunakan di Diners Club Amerika. Saat ini hampir semua warga Amerika menggunakannya. Dalam 15 tahun terakhir, pembayaran e-commerce dengan perusahaan-perusahaan seperti PayPal menciptakan kemajuan besar dalam sistem pembayaran di dunia.

Kini sebuah teknologi ponsel menawarkan sistem pembayaran yang akan mengubah gaya cara bertransaksi. Teknologi tersebut bernama NFC atau Near Field Communication.

Pada dasarnya ini adalah sistem yang mengirimkan sinyal radio lemah berisi sejumlah informasi ke perangkat terdekat dalam jarak 10 cm. Kini sistem ini datang dalam bentuk aplikasi iPhone yang dibuat oleh perusahaan bernama DeviceFidelity. Nama aplikasi ini adalah DeviceFidelity In2Pay technology mikroSD NFC.

Kini, DeviceFidelity telah bekerja sama dengan perusahaan pembayaran Visa, untuk memperluas teknologi NFC.

"Visa bekerja untuk membawa keamanan dan kenyamanan mata uang digital untuk pengguna mobile di seluruh dunia," ujar Dave Wentker, Head of Mobile Contactless Payments Visa Inc. "Kerja sama kami dengan DeviceFidelity dapat memperluas jangkauan dari pembayaran Visa mobile ke jutaan pengguna iPhone," tambahnya.

Seperti dikutip detikINET dari MobileMag, Kamis (20/5/2010). Teknologi ini sudah dimanfaatkan di beberapa negara Asia, seperti Jepang dan Malaysia.

Keuntungan dari pembayaran ini adalah kecepatan dan efisiensi. Beberapa orang menganggap, cara ini cukup praktis ketika digunakan untuk bertransaksi.

Tinggalkan Dompet, Bawalah iPhone

Dengan ini, pengguna dapat meninggalkan dompet mereka saat ingin berbelanja. Sebagai gantinya, pengguna cukup menenteng iPhone saat ingin melakukan transaksi pembayaran belanja.

Caranya cukup tempatkan iPhone dekat terminal Contactless, dan transaksi bisa langsung dilakukan. Tak hanya itu, chip NFC bisa digabungkan dengan kartu sewa layanan lain seperti kartu sewa video atau menggabungkannya dengan kartu identitas lain.

Layaknya kartu kredit, chip NFC juga menggunakan kode PIN untuk menjaga keamanan bertransaksi. Menurut situs Skywalker, Pembayaran NFC bisa diakses mulai Q2 tahun 2010. Tunggu saja respon pasar terhadap teknologi baru ini.

Saksikan pada tayangan video berikut:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Di Masa Depan, iPhone Bakal Menggantikan Fungsi Kartu Kredit”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...