Sunday, May 16, 2010

Cacing Seberat 2 Kilo Hidup Di Perut Saiful Basir


www.AstroDigi.com

Klik-galamedia.com | Jumat, 07 Mei 2010 | Baru Ketahuan Setelah Setahun Kemudian.
Cacingan merupakan penyakit yang terkait dengan perilaku hidup tidak sehat. Penyakit ini biasa diderita anak-anak, bahkan orang dewasa. Namun jika dalam perut sampai ada 2 kg cacing, ini peristiwa langka.

Itulah yang terjadi pada Saiful Basir (11), warga Kp. Pasir Picis, Desa Cijambu, Kec. Cipongkor, Kab. Bandung Barat (KBB). Diperkirakan, selama setahun, cacing-cacing itu hidup di perut Saiful.

Keberadaan cacing di perut Saiful baru terungkap ketika bocah tersebut menjalani operasi di RSUD Cibabat, Rabu (28/4). Orangtua Saiful, Dadang Yusuf (50) yang ditemui wartawan, Kamis (6/5) mengungkapkan, dokter yang menanganinya anaknya, semula mendiagnosis anaknya menderita usus buntu. Pada saat operasi dilakukan, dokter menemukan sejumlah cacing tambang.

"Cacing tersebut jumlahnya banyak. Setelah dimasukkan dalam ember ukuran kecil, hampir mencapai setengah ember dan beratnya diperkirakan 2 kg," katanya.

Dadang mengungkapkan, anaknya selama hampir setahun belakangan mengeluh sakit perut. Saiful pernah muntah dan mengeluarkan seekor cacing. Sebelum dioperasi, anaknya sempat berobat ke puskesmas dan rumah sakit setempat.

Sebelum dibawa ke RSUD Cibabat, lanjutnya, Saiful selama empat hari merasakan kesakitan yang amat sangat. Ketika diberi obat cacing dari warung, sakitnya tidak berkurang dan cacingnya pun tidak keluar.

"Keluarga bingung, setelah obat cacing tidak mempan, saya bawa ke Puskesmas Cipongkor, kemudian ke RS Cililin, katanya harus dirontgen. Karena tidak ada alat, lalu dirujuk ke RSUD Cibabat," paparnya.

Menanggapi kasus yang dialami Saiful, Kepala Bidang Pelayanan Medik RSU Cibabat, Cimahi, Sonya Rangkuti mengatakan, penyakit cacingan yang diderita Saiful bukan kejadian luar biasa. "Itu bukan kejadian luar biasa. Penyakit cacingan, terkait perilaku yang kurang sehat, seperti tidak membiasakan cuci tangan. Padahal tangan yang kotor bisa menyebabkan berbagai penyakit, di antaranya cacingan," ungkap Sonya di RSU Cibabat, Jalan Raya Cibabat, Kamis (6/5).

Hal senada diungkapkan Kepala Perawatan, Murniati yang ditemui secara terpisah, kemarin. Menurut Murniati, bagi petugas medis, penyakit seperti yang diderita Saiful bukan hal aneh. Ia juga mengklarifikasi soal berat dan jumlah cacing yang menurutnya tidak sampai 3 kg.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Cacing Seberat 2 Kilo Hidup Di Perut Saiful Basir”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...