Wednesday, May 19, 2010

ANGEL BURTON Anak Ajaib Yang Mempunyai Empat Ginjal


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Selasa, 18 Mei 2010 | LONDON — Seorang anak perempuan pasien ginjal membuat para dokter terheran-heran. Pada saat akan dioperasi, dalam perut anak ini ditemukan empat ginjal dan dua di antaranya ginjal baru.

Angel Burton sejak dilahirkan mengalami sakit ginjal serius sehingga ia divonis harus menjalani operasi pada usia lima tahun. Namun, para dokter dibuat terpana karena dalam perut Angel ada empat ginjal. Dua di antaranya ginjal baru yang tumbuh sempurna menempel tepat di atas ginjal lamanya.

Yang luar biasa, sepasang ginjal baru ini ternyata menggantikan peran ginjal lamanya sehingga Angel kini dapat terbebas dan sembuh total dari sakit ginjal. Setelah tiga tahun ditemukannya ginjal baru, Angel yang kini sudah berusia delapan tahun dalam kondisi sehat walafiat. Ia benar-benar telah diberi mukjizat yang telah mengubah jalan hidupnya.

Menurut penjelasan ahli medis, fenomena yang dialami Angel sangat jarang. Ia mengalami kondisi yang disebut duplex kidney. Secara sederhana, kelainan ini menyebabkan seseorang memiliki dua ginjal pada salah satu sisi perut. Anak yang mengalami duplikasi pada dua ginjalnya disebut bilateral duplex kidney.

Pada kasus Angel, dua ginjalnya mengalami duplikasi dan melebur satu sama lain. Namun, setiap ginjal ini memiliki ureter atau saluran yang terpisah sehingga bisa dikatakan Angel memiliki empat ginjal dan empat ureter. Para dokter yakin bila pada pemeriksaan terdahulu ginjal tambahan ini tidak terdeteksi karena posisinya tepat di atas ginjal lama.

Ibunda Angel, Claire Burton (32), yang tinggal di Louth, Lincolnshire, melahirkan buah hatinya itu pada 2001. Setelah beberapa bulan, kondisi Angel mulai menurun dratis. Dokter lalu melakukan pemeriksaan pada Angel dan mendiagnosa adanya bilateral reflux, yang berarti katup pada kandung kemihnya tidak dapat berfungsi normal. Urine akan mengalir ke ginjal dan mengakibatkan infeksi.

Kondisi Angel terus dipantau dan ia secara rutin menjalani pemeriksaan dan scan untuk menghindari kemungkinan infeksi. Pada suatu saat ketika diperiksa, ginjal Angel mengalami kondisi serius sehingga ia divonis harus menjalani operasi.

Angel pun menjalani pembedahan di Rumah sakit Anak Sheffield pada Oktober 2007 untuk memasang katup buatan. Namun, pada saat operasi ternyata dokter menemukan ginjal baru yang tumbuh. Ginjal baru ini kemudian tumbuh baik dan menggantikan fungsi ginjal lama. Angel pun kini benar-benar pulih dan hidup sehat.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “ANGEL BURTON Anak Ajaib Yang Mempunyai Empat Ginjal”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...