Tuesday, January 19, 2016

USAIN BOLT, Atlet Lari Dengan Pencapaian Luar Biasa

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 19 Jan 2016 | Atletik adalah cabang olahraga yang paling ketat, karena bisa dikatakan ini adalah cabang olahraga yang bisa diikuti oleh siapa saja. Berbeda dengan cabang balap mobil atau anggar atau tenis yang hanya bisa diikuti oleh mereka yang mampu membeli mobil atau mampu membeli pedang anggar atau mampu membeli raket mahal.

Cabang olahraga atletik hanya perlu modal rajin berlatih, maka prestasi di cabang ini tidak didominasi oleh mereka yang kaya, tidak didominasi oleh klub besar atau atlet dari negara kaya. Dari cabang olahraga dengan tingkat persaingan sedemikian ketat inilah lahir dan besar seorang atlet luarbiasa bernama Usain Bolt.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Atlet asal Kingston, Jamaika yang terlahir pada 21 Agustus 1986 lalu dengan nama lengkap Usain St. Leo Bolt, memiliki tinggi badan yang ideal untuk menjadi juara. Tinggi badan Bolt hampir dua meter, dengan tinggi 195 cm dan berat 94 kg, ditambah dengan latihan yang luar biasa ketat dan disiplin, membuatnya mampu merajai nomor lari dari 100 meter hingga 400 meter.

Sejak tahun 2002 lalu saat usia Bolt belum genap berusia 16 tahun ia sudah mampu menyabet medali emas pada berbagai event internasional. Dimulai dari kejuaran World Junior Championships yang diselenggarakan di Kingston, dimana ia memulai debutnya dengan menyabet 3 medali sekaligus, 1 emas di nomor 200 meter, dan dua medali perak dinomor 4x100 meter dan 4x400 meter.

Bolt membuktikan bahwa kemenangannya di Kingston bukan sebuah kebetulan dengan sekali lagi mengukir kemenangan pada World Youth Championships yang diselenggarakan di Sherbrooke. Disana ia membuktikan bahwa ia mampu sekali lagi menyabet medali emas dinomor 200 meter.

Dan selanjutnya sejak 2006 hingga 2014 Bolt menjadi atlet dicabang atletik dengan prestasi yang belum pernah mampu ditandingi oleh siapapun. Berbagai pertandingan dikancah dunia termasuk Olimpiade berhasil dilaluinya dengan prestasi spektakuler. Bahkan Bolt berhasil mengukir rekor dunia baru dinomor 100 meter dan 200 meter.

Pencapaian Bolt membuatnya mendapatkan julukan “Lightning Bolt” karena larinya yang cepat bagaikan kilat. Ia mendapatkan penghargaan “IAAF World Athlete of the Year”, “Track & Field Athlete of the Year”, dan “Laureus World Sportsman of the Year“, dimana namanya akan terukir sebagai salah satu atlet terhebat sepanjang masa.

Prestasi Bolt juga berbuah manis, ia adalah atlet yang meraih penghasilan terbesar dalam sejarah atletik dunia. Penghasilannya dari hadiah dan sponsor memang tidak tertandingi oleh atlet manapun di cabang “track and field” (trek dan lapangan). Benar-benar luarbiasa!

Pada 14 Februari 2015 lalu, Bolt mengumumkan didepan publik bahwa ia merencanakan pengunduran dirinya dari dunia atletik yang telah membesarkannya. Ia mengumumkan akan melakukan pengunduran dirinya usai mengikuti kejuaraan World Championships yang akan diadakan pada tahun 2017 mendatang di London.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “USAIN BOLT, Atlet Lari Dengan Pencapaian Luar Biasa”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...