Saturday, January 16, 2016

SAIGA ANTELOPE, Hewan Ala Star Wars Yang Eksis Di Dunia Nyata

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 16 Jan 2016 | Bagi mereka yang pernah menonton film sequel dari Star Wars, pasti melihat aneka makhluk dengan penampilan aneh dan unik dari berbagai penjuru alam semesta. Kebanyakan makhluk fantasi itu diciptakan dari kombinasi beberapa hewan sehingga kemudian tampak sebagai makhluk baru berpenampilan aneh.

Ingin melihat makhluk seaneh mereka di dunia nyata? Cobalah lihat Saiga Antelope, hewan ini memiliki tubuh mirip seperti antelope (sejenis kijang yang bertubuh lebih kecil) pada umumnya namun wajahnya merupakan kombinasi antara antelope dengan tapir.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Hewan dengan nama latin Saiga Tatarica ini sudah terancam punah, kini hewan ini hanya dapat ditemukan di sebagian pegunangan Kaukasus di wilayah yang berbatasan dengan negara-negara di kawasan Rusia dan Mongolia. Hewan ini memiliki tinggi tidak sampai satu meter, saat berdiri tinggi dari tanah ke punggung mereka hanyalah sekitar 50 cm sampai 80 cm saja.

WWF sudah menetapkan Saiga Antelope ini sebagai hewan yang dilindungi. Saat ini populasi hewan ini hanya berkisar 50.000 ekor saja di dunia. Pemerintah Rusia menetapkan cagar alam Cherny Zemli di wilayah Kalmykia sebagai wilayah untuk melestarikan kembali Saiga Antelope ini.

Selain karena perburuan liar pada masa silam, Saiga Antelope banyak yang mati akibat epidemi penyakit yang disebut ”pasteurellosis”, yaitu sejenis penyakit yang menyerang paru-paru hewan tersebut dan cepat sekali menular diantara kelompok hewan tersebut. Sejak 2010 sampai 2015 saja diperkirakan angka kematian akibat epidemi tersebut mencapai 12.000 ekor.

Saiga memiliki tanduk yang tinggi dan indah, hal ini pulalah yang membahayakan kelestarian mereka, karena banyak pemburu liar mengincar tanduk Saiga ini untuk dijual sebagai barang antik. Satu tanduk Saiga bila dijual dipasar gelap dapat mencapai USD 4.600.

Usia harapan hidup dari hewan ini juga cukup singkat. Saiga Antelope hanya hidup selama 6 sampai 10 tahun saja. Saat ini hewan ini hanya dapat dilihat di dua kebun binatang saja, yaitu kebun binatang Moscow di Rusia dan kebun binatang San Diego di Amerika.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “SAIGA ANTELOPE, Hewan Ala Star Wars Yang Eksis Di Dunia Nyata”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...