Wednesday, January 27, 2016

Patuhilah Larangan Mengaktifkan HP Di SPBU Karena Memang Berbahaya!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 27 Jan 2016 | Kalau anda perhatikan disetiap SPBU (setasiun pompa bensin umum), selalu ada beberapa rambu yang berupa larangan dan kewajiban. Seperti: dilarang merokok, dilarang menyalakan api, matikan mesin saat pengisian, dan satu rambu lagi yang baru ada semenjak populasi HP semakin merata, yaitu larangan untuk menggunakan HP selama berada di area SPBU.

Banyak orang yang mengabaikan larangan menggunakan HP di SPBU karena tidak tahu atau menganggap sepele larangan menggunakan HP tersebut. Sayangnya sampai saat ini saya belum menemukan satu pun SPBU yang memasang penjelasan bergambar mengenai dampak dari penggunaan HP di SPBU.

Frekuensi tinggi yang digunakan oleh HP sebagai frekuensi dari signal tranceiver dapat memicu timbulnya induksi yang cukup besar di celah yang ada diantara coil antena dan celah yang membentuk coil di papan rangkaian tercetak (PCB) dari HP tersebut. Induksi diantara coil tersebut bisa memicu timbulnya api apabila tingkat kejenuhan uap bensin sedang tinggi.

Kejadiannya mirip seperti pada kompor microwave yang bekerja berdasarkan induksi saja. Logam yang tidak bersentuhan dapat menjadi panas akibat adanya coil induksi yang ada didalam kompor microwave. Tanpa disadari HP dapat menimbulkan efek yang serupa meski dalam skala yang jauh lebih kecil, tapi di udara yang jenuh dengan uap bensin, hal ini bisa memicu timbulnya api.

Jadi mulai saat ini, hentikan panggilan pada HP pada saat anda masuk ke area SPBU demi keselamatan bersama. Saksikan bahaya penggunaan HP di SPBU pada tayangan video berikut ini:


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Patuhilah Larangan Mengaktifkan HP Di SPBU Karena Memang Berbahaya!”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...