Saturday, January 30, 2016

NASI GORENG, Resep Pendatang Yang Menjadi Menu Nusantara

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 30 Jan 2016 | Siapa orang Indonesia (yang tinggal di Indonesia juga) yang tidak kenal nasi goreng? Masakan khas Nusantara yang biasanya menjadi menu sarapan atau makan malam ini tentu sudah sangat terkenal di pikiran, di hati dan juga di lidah masyarakat Indonesia ini.

Bahkan nama “nasi goreng” terkenal sampai ke mancanegara, masyarakat barat tidak menamai nasi goreng dengan istilah dalam bahasa Inggris “fried rice” misalnya. Sehingga bila kita berkesempatan untuk singgah di restoran di Australia atau Belanda misalnya yang menyajikan menu nasi goreng akan tetap dituliskan sebagai “nasi goreng” tanpa dialih-bahasa-kan kedalam bahasa negara mereka.

Siapa sangka bahwa menu yang di mancanegara dikenal sebagai masakan khas Indonesia ini, malah sesungguhnya tidak berasal dari Indonesia. Nasi goreng sebenarnya adalah makanan yang berasal dari negeri China. Bermula dari kebiasaan masyarakat untuk memanfaatkan sisa nasi untuk menjadi menu hangat yang lezat untuk dikonsumsi.

Nasi yang digoreng ulang menjadi lebih lezat daripada disantap ala kadarnya, apalagi disajikan dengan sedikit tambahan lauk pauk. Kebiasaan orang China yang berdagang hingga ke mancanegara, turut menyebarkan kebiasaan memasak nasi goreng ini sampai ke wilayah Indonesia.

Ternyata jenis masakan ini menjadi populer di Indonesia, dengan menambahkan sayuran dan daging kedalam nasi yang digoreng, hasil masakan menjadi lebih lezat dibandingkan menu aslinya. Pengaruh bangsa Belanda dan Jepang juga ikut mempengaruhi varian dan komposisi nasi goreng ala Indonesia ini. Alhasil nasi goreng ala Indonesia ini menjadi lebih terkenal dibandingkan di negara asalnya.

Demikian asal muasal menu Indonesia yang satu ini, selamat menikmati nasi goreng ala Indonesia :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “NASI GORENG, Resep Pendatang Yang Menjadi Menu Nusantara”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...