Tuesday, January 12, 2016

Musang Least Weasel, Karnivora Mungil Dan Lucu Yang Ditakuti Para Tikus

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 12 Jan 2015 | Jauh di pedalaman hutan Amazon yang rimbun dan luas terdapat sekelompok mamalia pemburu bertubuh mungil yaitu musang Least Weasel. Hewan yang memiliki nama latin Mustela Nivalis ini memiliki panjang tubuh hanya 16 cm sampai 24 cm saja saat dewasa, merupakan mamalia karnivora dengan ukuran tubuh yang paling mungil.

Dengan tubuh yang mungil ini, berat tubuh mereka hanya 35 gram sampai 250 gram saja. Hewan ini banyak ditemukan di wilayah hutan Amazon, namun penyebaran mereka juga meliputi sebagian kecil wilayah Eropa, Afrika dan juga Asia.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Hewan ini memiliki kepala yang kecil sehingga memudahkan mereka untuk melongok liang dari mangsa favorit mereka yaitu tikus. Selain tikus mereka juga memakan burung dan juga telurnya. Masa kehamilan mereka hanya 35 hari dan sekali melahirkan biasanya sekaligus terlahir 4 sampai 6 bayi musang.

Masa menyusui mereka hanyalah sekitar satu bulan saja, dan dibulan kedua hewan kecil ini sudah mampu memburu mangsanya sendiri. Hewan ini mencapai kedewasaan penuh dan dapat mulai berkembang biak pada usia 3 bulan setelah kelahiran mereka, cepat sekali bukan? Bayangkan, kurang dari setengah tahun saja mereka sudah dewasa :-) . Sayangnya hewan ini tidak berumur panjang, usia harapan hidup mereka hanyalah sekitar 3 tahunan saja.

Tidak seperti kucing atau anjing yang memiliki bulu dengan berbagai corak dan warna, Musang Least Weasel hanya dikenali dengan warna coklat dengan dada berwarna putih pada bulu-bulunya. Hewan ini biasanya tinggal disela-sela akar pohon besar atau didalam liang dari tikus yang sudah ditinggalkan.

Dengan tubuh mungilnya, hewan ini merupakan mangsa empuk bagi ular ataupun burung-burung besar, seperti burung hantu besar dan elang. Karena penampilannya yang mungil dan lucu, para penggemar hewan peliharaan banyak yang mengkoleksi hewan ini sebagai peliharaan mereka.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Musang Least Weasel, Karnivora Mungil Dan Lucu Yang Ditakuti Para Tikus”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...