Monday, January 25, 2016

Mengedit Dan Memperkecil Ukuran Video Dengan VIDTRIM

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 25 Jan 2016 | Untuk kepentingan pekerjaan atau kadangkala hanya sekedar untuk keperluan chat semata, saya seringkali perlu mengirimkan file video, yang kadangkala saya kirimkan via email dan kadangkala via aplikasi chat (Whatsapp, BBM, Line, dan lain sebagainya).

Masalah yang sering saya hadapi adalah karena ukuran file video yang besar maka penerima seringkali kesulitan untuk mendownloadnya, hal ini terutama untuk file dari video yang berdurasi panjang, ukuran filenya bisa mencapai ratusan mega byte (MB).

Namun kadangkala juga file dari video berdurasi pendek, yang kurang dari 10 menit saja misalnya bisa saja mempunyai ukuran file yang besar juga. Penyebabnya adalah resolusi dari video itu sendiri, video dengan resolusi yang tinggi pasti mempunyai ukuran file yang besar.

Semakin besar resolusi video akan semakin jelas detail dari tayangan gambarnya, sebaliknya semakin rendah resolusi maka akan semakin rendah pula detailnya. Video dengan resolusi rendah akan tampak pecah dan tampil seperti kumpulan kotak-kotak bergerak apabila diperbesar.

Jadi ada dua hal yang mempengaruhi ukuran file video yaitu:
  1. Durasi
  2. Resolusi

Untuk memperkecil ukuran file video saya biasa menggunakan aplikasi VIDTRIM di HP Android saya. Vidtrim dapat digunakan untuk memperpendek durasi film, dengan memotong bagian tertentu  yang tidak diperlukan untuk menyingkat durasi film. Vidtrim juga dapat menurunkan resolusi film, sehingga ukuran file video menjadi lebih kecil.

Aplikasi Vidtrim dapat di-download dan diinstal secara gratis via Google Play Store, gunakan kata kunci “Vidtrim” untuk menemukan installer-nya. Ukuran file installer hanya 16,4 MB saja, sehingga apabila koneksi internet anda hanya 256Kbps saja hanya perlu waktu kurang dari 5 menit untuk men-download dan menginstal.

Aplikasi Vidtrim juga dapat digunakan untuk melakukan penggabungan video, dan juga dapat digunakan untuk mengkonversi file video menjadi file musik (MP3). Tambahan lainnya, Vidtrim dapat juga melakukan “capture” artinya mengambil gambar dari video, kemudian Vidtrim juga dapat mengedit warna video dalam beberapa efek gambar (hitam-putih, blur, menyala terang, dan lain sebagainya).

Vidtrim juga dapat memutar video. Video yang direkam dengan HP kadangkala terekam dalam posisi miring. Sehingga apabila diputar di komputer atau layar TV akan tampil miring 90 derajat atau terbalik 180 derajat. Vidtrim dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan ini. Jadi sesungguhnya Vidtrim ini juga berfungsi sebagai editor.


Begitu aplikasi Vidtrim dijalankan akan ada halaman dimana seluruh file video yang ada di HP kita terpampang disitu. Pilih saja file yang akan kita perkecil ukurannya. Maka anda akan dibawa masuk ke halaman untuk melakukan edit. Pada halaman ini terdapat 10 tombol yaitu:
  1. Tombol Trim: bergambar gunting, untuk menuju ke halaman pemotongan durasi video
  2. Tombol Transcode: bergambar rodagigi, untuk menuju ke halaman penurunan resolusi video
  3. Tombol Merge: bergambar anak rantai, untuk menuju ke halaman penggabungan video
  4. Tombol Save as MP3: bergambar tangga nada, untuk menuju ke halaman konversi file video menjadi file musik (*.MP3)
  5. Tombol Grab Frame: bergambar kotak-kotak bingkai gambar, untuk ke halaman untuk meng-capture gambar dari video
  6. Tombol Effects: bergambar tongkat sulap, untuk menuju ke halaman untuk mengubah warna dan tampilan video ke beberapa efek yang tersedia (B&W, Luma, Vintage, Vignette, Xross Pro, Blur, Sharpen, Negate (klise negatif), Swap UV, Edge Detect)
  7. Tombol Rotate: bergambar panah melingkar searah jarum jam, untuk menuju ke halaman untuk memutar (me-rotasi) posisi video
  8. Tombol Share: bergambar logo share standar smartphone, untuk menampilkan pop-up fasilitas untuk men-share (membagi) video
  9. Tombol Rename: bergambar pensil, untuk menampilkan pop-up dari nama file yang siap untuk di-edit namanya
  10. Tombol Delete: bergambar tempat sampah, untuk menghapus file video

Untuk melakukan trim (pemotongan video) anda tinggal menggeser bulatan pembatas di awal dan di akhir video. Vidtrim hanya akan menyisakan video yang berada diantara bulatan pembatas awal dan akhir. File hasil trim bisa anda simpan dengan nama dan file terpisah, atau bisa juga menimpa file aslinya.

Untuk melakukan penurunan resolusi (transcode), anda tinggal memilih ukuran gambar (picture size), kualitas video (video quality). Bila ingin suara dihilangkan maka check-box Keep Original Audio harus dihapus contrengannya. Bila ingin menambahkan suara dari sumber lain maka klik tombol External Audio untuk memilih file musik atau suara yang ingin ditambahkan.

Salut untuk perusahaan software Goseet yang menciptakan aplikasi Vidtrim ini, bayangkan saja dengan ukuran installer hanya 16,4 MB saja bisa tercipta sebuah aplikasi dengan begitu banyak fitur. Benar-benar hasil karya yang luar biasa!

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...