Sunday, January 31, 2016

Mengapa Gelembung Sabun Berukuran Besar Pada Atraksi, Tidak Mudah Pecah?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 31 Jan 2016 | Bila anda pernah menyaksikan atraksi yang dibawakan oleh pasangan suami istri dari Italia, Enrico Pezzoli dan Dace Pezzoli, yang menyajikan atraksi ketrampilan menciptakan berbagai bentuk ornamen menggunakan gelembung sabun. Unik dan menarik, dan yang paling mengundang decak kagum adalah bagaimana gelembung sabun tersebut mampu bertahan sedemikian lama tanpa pecah.

Bila kita mencoba sendiri menciptakan bola-bola gelembung sabun dengan bahan deterjen, shampo atau bahan sabun lainnya, biasanya hanya dalam hitungan detik saja akan pecah. Jadi tidak cukup waktu untuk membangun berbagai ornamen, seperti yang ditampilkan pada atraksi gelembung sabun. Lalu .. Apa rahasianya? Mengapa gelembung sabung dapat bertahan sedemikian lama?
www.AstroDigi.com
Seluruh penonton tentu maklum bahwa bahan gelembung sabun yang dipergunakan untuk atraksi tersebut tentu berbeda dengan bahan gelembung sabun biasa. Rahasianya adalah adanya penambahan gliserin pada campuran air sabun tersebut. Biasanya 1/6 sampai 1/5 dari bahan sabun yang dipakai atraksi adalah gliserin. Gliserin dapat dibeli di toko bahan kimia.

Untuk keperluan uji coba, kita bisa menggunakan larutan air plus gula sebagai penggantinya. Larutan gliserin atau air gula akan menurunkan ketegangan permukaan gelembung sabun. Sebagai efek sampingnya tingkat penguapan gelembung turun sehingga gelembung bertahan lebih lama. Ditambah lagi tangan dari pemain gelembung yang sengaja dibasahi akan membuat gelembung tidak mudah pecah apabila tersentuh, karena koefisien gesek lebih rendah saat gelembung bergesekan dengan benda basah.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...