Thursday, January 7, 2016

Memindahkan Lokasi Penyimpanan Email Pada MS Outlook 2013

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 7 Jan 2016 | Memiliki sebuah netbook dengan fasilitas penyimpanan menggunakan media penyimpanan SSD (solid state drive) memang membuat hati lebih tenang karena untuk operasi mobile SSD tahan terhadap guncangan atau benturan akibat netbook terjatuh misalnya.

Sayangnya ukuran kapasitas SSD yang kecil membuat saya harus me-manage ruang penyimpanan seefektif mungkin. Hal pertama yang saya lakukan adalah saya mengatur setting untuk penerimaan email menggunakan protokol IMAP bukan protokol POP3, dengan setting menggunakan protokol IMAP maka file pada saat pengiriman akan tersimpan di server email bukan pada folder lokal. Dengan cara ini kebutuhan ruang penyimpanan email akan menjadi lebih kecil.

Hal kedua yang saya lakukan untuk mengefiesienkan ruang penyimpanan adalah dengan memindahkan ruang penyimpanan email ke hard disk eksternal. Sayangnya pada MS Outlook 2013 yang saya pakai, tidak ada fasilitas untuk memindahkan ruang penyimpanan dari posisi default-nya.

Namun dengan sedikit mengedit setting di register, saya dapat memindahkan lokasi email ke lokasi eksternal. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Menu File >> Account and Social Network Settings >> Account Settings >> TAB: Data Files >> Open File Location
  2. Biarkan window lokasi penyimpanan ini terbuka, untuk persiapan meng-copy file *.OST yang berada di folder tersebut.
  3. Tutup aplikasi MS Outlook, lokasi penyimpanan tidak dapat diedit apabila aplikasi masih terbuka, segera tutuplah!
  4. Masuk ke “Command Prompt” kemudian ketikkan REGEDIT untuk masuk ke aplikasi Register Editor.
  5. Cari register key: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\15.0\Outlook
  6. Cari Value name: ForcePSTPath, bila tidak ada maka buatlah dengan klik-kanan dan klik Expandable String Value dan beri nama ForcePSTPath
  7. Cari Value type: REG_EXPAND_SZ
  8. Edit Value: folder penyimpanan yang anda inginkan. Misalnya: D:\Documents\Outlook Files
  9. Copy semua file berekstensi (extension) OST yang ada di folder lokasi penyimpanan (pada window yang tadi dibiarkan terbuka), ke lokasi penyimpanan yang baru.

Bila langkah-langkah diatas anda lakukan dengan benar maka lokasi penyimpanan file sudah pindah ke lokasi penyimpanan yang baru. Anda bisa mengarahkan lokasi penyimpanan ke lokasi eksternal, misalnya USB flash disk atau external HDD. Dengan cara ini ruang penyimpanan pada HDD utama (SSD yang berkapasitas kecil) akan lebih lega, karena tidak ditempati oleh file-file MS Outlook.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Memindahkan Lokasi Penyimpanan Email Pada MS Outlook 2013”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...