Sunday, January 24, 2016

Mari Menghemat Ruang Penyimpanan Dokumen Dengan Memanfaatkan CLOUD STORAGE

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 24 Jan 2016 | Saat ini provider yang menyediakan storage (ruang penyimpanan) di dunia maya yang lazim disebut cloud sudah semakin banyak. Pada masa kini orang tidak perlu harus membayar sepeser pun untuk mendapatkan storage yang bisa diakses dari lokasi manapun di belahan dunia ini asalkan terhubung dengan koneksi internet.

Meski banyak pilihan storage service yang bisa anda dapatkan di internet tapi setidaknya saat ini ada 3 pemain besar yang bercokol di penyediaan cloud storage ini yaitu: Google Drive, Microsoft Onedrive, dan Dropbox.

Kesemuanya menyediakan kemiripan prosedur mulai dari register, upload file, download file dan juga prosedur linking file dengan berbagai aplikasi pengolahnya.

Yang perlu dilakukan oleh user pertama kali adalah melakukan register (pendaftaran) dengan alamat email yang dimilikinya. Kemudian email verifikasi akan dikirimkan ke email yang sudah didaftarkan tadi.

Dalam email user akan mendapatkan URL yang bila di-klik akan mem-verifikasi email dan password. Maka setelah proses ini diselesaikan maka user dapat masuk ke cloud storage yang bersangkutan.

Proses upload file, download file dan juga linking file dengan aplikasi pengolah juga dapat dilakukan. Misalnya file *.DOC di linking ke aplikasi WPS Writer (aplikasi ini mirip MS Word), sehingga hasil editnya dapat langsung tersimpan di cloud storage.

Dimasa kini kebutuhan untuk melanjutkan pekerjaan kantor di tempat lain semakin meningkat. Banyak orang yang harus memeriksa ulang pekerjaan kantornya pada saat telah tiba di rumah. Dan banyak pula orang yang pada jam kantor harus menemui client, customer, mitra bisnis sehingga pekerjaan harus diselesaikan juga pada saat ia sedang di luar kantor.

Dengan kondisi seperti itu biasanya orang akan menggunakan flash disk untuk membawa filenya dari satu tempat ke tempat lainnya untuk melanjutkan pekerjaan atau sekedar menerima hasil kerja dari team untuk di evaluasi atau direvisi.

Penggunaan cloud storage akan menghemat space di HDD komputer, menghemat waktu untuk cabut pasang flash disk, dan memudahkan user bila perlu berbagi file.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Mari Menghemat Ruang Penyimpanan Dokumen Dengan Memanfaatkan CLOUD STORAGE”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...