Sunday, January 3, 2016

Blue Sea Dragon, Makhluk Mungil Berwarna Biru Yang Menghiasi Permukaan Laut

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 3 Jan 2016 | Di perairan samudra Hindia, samudra Atlantik dan juga samudra Pasifik, seringkali ditemukan sekelompok hewan laut mirip ubur-ubur yang tampak mengambang dipermukaan laut. Hewan laut berwarna biru cerah ini tampak mirip seperti tanaman berduri dibandingkan hewan.

Nama hewan ini Blue Sea Dragon (BSD) atau nama latinnya Glaucus Atlanticus, memiliki tubuh yang sekilas mirip seperti rumput laut, warna tubuhnya yang biru saja yang membuat BSD berbeda dengan rumput laut.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
BSD dapat mengambang di permukaan air karena menyimpan udara di perutnya. BSD akan mengeluarkan udara dari perutnya bila ia akan masuk kedalam air. Mirip seperti ubur-ubur yang bernama Man-O-War yang memiliki sengat dan racun yang mampu melumpuhkan mangsa ataupun pemangsanya, BSD juga memiliki beberapa sengat diseputar tubuhnya dan juga beracun (dikenal dengan sebutan nematocysts). Karenanya para ahli hewani mengelompokkan BSD kedalam kelompoh Hidrozoa (ubur-ubur) meski bentuknya tidak mirip seperti ubur-ubur lainnya.

Ukuran BSD yang kecil (yang dewasa hanya sekitar 3 cm saja) dan tubuhnya yang ringan, membuatnya mudah terbawa angin saat mengambang di permukaan air. BSD mengambang dipermukaan juga sebagai kamuflase, warrna biru yang tampak dipermukaan air, menyamarkannya dengan warna air laut, warna kelabu di bagian bawah, yang bersinggungan dengan air membuatnya tidak mencolok bila dilihat dari dalam air, menghindarkannya dari pandangan hewan laut pemangsa.


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Blue Sea Dragon, Makhluk Mungil Berwarna Biru Yang Menghiasi Permukaan Laut”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...