Sunday, January 17, 2016

Bekerja Sama Dalam Team Untuk Mencapai Hasil Luarbiasa

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 17 Jan 2016 | Saat menyaksikan film lama berjudul THE IMITATION GAME, yang berkisah tentang sekelompok pekerja yang berusaha memecahkan sandi pesan (kriptografi) dari Nazi, untuk mencegah kekalahan fatal dari Nazi. Saya menemukan satu hal yang menarik pada film ini.

Oleh karenanya yang akan saya ulas pada artikel ini bukanlah film-nya. Namun ada penggalan kalimat yang menarik bagi saya, yang diucapkan Joan Clarke kepada Alan Turing yaitu: "Alan .. sepandai apapun dirimu, kau tidak akan berhasil menyelesaikan pekerjaanmu sendirian .. kau butuh bantuan, dan mereka (rekan-rekanmu) tidak akan membantumu bila mereka tidak menyukaimu".

Alan Turing adalah seorang ahli matematika yang sangat jenius, ia dikenal sebagai bapak komputer dunia, karena mesin ciptaannya adalah sebuah mesin yang merupakan cikal bakal dari komputer yang ada saat ini. Namun Alan Turing juga dikenal dengan sikapnya yang tidak bersahabat dan sedikit arogan, hal inilah yang pada awalnya mendatangkan kegagalan demi kegagalan dalam menyelesaikan mesinnya.

Mesin ciptaannya yang kemudian disebut sebagai Turing Machine akhirnya terselesaikan dengan bantuan rekan-rekan setimnya yang bahu membahu menyelesaikan mesin tersebut meski dalam tekanan berbagai pihak yang menghendaki mesin tersebut diselesaikan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Intinya dalam hidup ini setiap manusia pasti tidak bisa mendapatkan kehidupan yang nyaman dan ideal sendirian. Butuh waktu, biaya dan tenaga yang lebih besar apabila seseorang memaksakan menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapinya sendiri.

Helen Keller pernah berkata: “Alone we can do so little, together we can do so much” yang artinya adalah: dengan sendirian hanya sedikit yang bisa kita lakukan, dengan bersama kita akan bisa melakukan banyak hal. Jadi apabila kita ingin melakukan hal-hal yang besar maka lakukan bersama dengan team yang kita bentuk. Dan bila kita ingin mencapai sebuah target besar juga sebaiknya lakukan bersama dengan team.

Para penemu hebat tidak bekerja sendirian dalam menyelesaikan penemuannya, sebut saja Thomas Alfa Edison, James Watt, Marconi, Einstein, dan masih banyak lagi yang lainnya, mereka bekerja bersama untuk menyelesaikan penelitian mereka. Negarawan yang sukses juga tidak berhasil karena usahanya sendiri, demikian pula pengusaha sukses, bukan terlahir dari hasil kerja seorang diri.

Jangan pernah terpikirkan dibenak anda bahwa OS Windows besutan Microsoft adalah hasil buatan Bill Gates seorang diri, atau komputer Macintosh, Apple dan iPod yang mendunia adalah hasil kerja Steve Jobs seorang diri. Bukan!!

Dengan mengetahui kenyataan seperti diatas mulailah singkirkan ego untuk berusaha menjadi individu hebat seorang diri, bekerjalah dalam team, dan bangunlah sebuah team yang tangguh untuk mencapai target. Bila sebuah target tercapai tentu seluruh team akan merasakan kebahagiaannya. Kebersamaan lebih penting dibandingkan kepentingan diri sendiri dalam mencapai kebahagiaan hakiki.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Bekerja Sama Dalam Team Untuk Mencapai Hasil Luarbiasa”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...