Monday, January 11, 2016

Asam Urat, Tahukah Anda Apakah Itu?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 11 Jan 2016 | Bagi para mereka yang telah berusia 40 tahun keatas untuk pria dan 50 tahun keatas untuk wanita, biasanya menderita semacam penyakit yang membuat persendian nyeri. Entah itu persendian di jemari tangan, persendian di siku tangan, persendian lutut, atau persendian lainnya di anggota tubuh. Nah .. penyebab nyeri ini adalah mulai meningkatnya kadar asam urat di dalam darah.

Apakah Asam Urat Itu? Bagaimana Bisa Menyebabkan Nyeri Sendi?

Asam urat terbentuk akibat menumpuknya hasil pengolahan zat bernama ”purin” di dalam darah kita (tubuh memproduksi asam urat saat mengolah purin). Ampas dari hasil olah purin yang bersifat asam ini oleh ginjal akan dibersihkan secara berkala dari dalam darah kita, sehingga kadar asam didalam darah akan senantiasa normal.
Seiring dengan bertambahnya usia dan menurunnya tingkat kebugaran tubuh biasanya akan menurun pula fungsi ginjal dalam melakukan pembersihan, akibatnya penumpukan ampas purin ini akan terjadi, akibatnya kadar asam didalam darah akan meningkat, penyakit akibat tingginya kadar asam inilah yang secara umum disebut sebagai asam urat.

Tumpukan ampas yang berada di persendian biasanya akan meng-kristal. Bentuk kristal-kristal asam yang tidak rata, tetapi mempunyai siku-siku dan ujung-ujung tajam (mirip seperti bentuk kristal salju), akan membuat timbunan lapisan kristal, yang menggumpal di sudut-sudut persendian, dalam istilah kedokteran gumpalan kristal lunak ini disebut dengan istilah ”sinovium”.

Sinovium inilah yang menimbulkan rasa nyeri apabila bersinggungan dengan syaraf-syaraf halus di persendian. Sinovium yang lunak ini bila terus menumpuk, lama-lama akan mengeras, sinovium yang mengeras ini disebut dengan istilah ”tofi”. Tofi biasanya banyak terdapat pada penderita penyakit asam urat yang sudah parah dan menahun. Penderita penyakit asam urat yang parah ini biasanya memiliki ruam-ruam merah yang tampak di kulit persendianya, dan  kadang juga disertai dengan pembengkakan.
Hal lain yang perlu diwaspadai adalah, peluang timbulnya batu ginjal juga meningkat pada penderita asam urat.

Apa Penyebab Penyakit Asam Urat?

Seperti halnya penyakit-penyakit lainnya di dunia ini, penyebab utamanya hampir selalu datang dari 3 hal yaitu:
1.    Pola makan yang salah (makan sembarangan)
2.    Gaya hidup yang salah
3.    Malas berolahraga

Makanan yang berlebihan terutama banyak menyantap makanan dengan kadar purin tinggi akan menyebabkan peningkatan asam urat. Anda bisa melakukan pencarian di Google dengan kata kunci ” makanan kadar purin tinggi” untuk mendapatkan daftarnya. Dalam pencarian yang saya lakukan misalnya saya menemukan sarden, otak, kerang, hati, dan masih banyak lagi semacamnya dalam daftar makanan tinggi kadar purin.

Gaya hidup yang salah, seperti mengabaikan waktu istirahat, merokok, sering minum minuman keras, jarang minum, dan malas berolahraga, bahkan malas melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan aktifitas fisik, juga memperparah turunnya kondisi kesehatan fisik seseorang, dan akibatnya ginjal sebagai salah satu organ tubuh penting tidak mampu bekerja secara optimal.

Bagaimana Mencegahnya?

Sederhana saja, lakukan kebiasaan-kebiasaan yang berlawanan dengan penyebab meningkatnya kadar asam urat dalam darah (seperti yang disebutkan di atas tadi), yaitu:

1.    Memperbaiki pola makan, makan dengan takaran kecil dan secukupnya dengan pilihan menu sehat
2.    Perbaiki gaya hidup dan istirahat yang cukup
3.    Olahraga secara teratur

Jadi bila anda mulai merasakan nyeri-nyeri di persendian anda, sebaiknya anda waspada dan mulai membenahi diri. Asam urat hanyalah salah satu dari sekian banyak penyebab nyeri sendi, tapi merupakan pemicu sakit sendi yang paling umum. Mari kita mulai hidup sehat! Have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

Bagus...
Mencerahkan....

Hendrik said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...