Thursday, January 14, 2016

Amankah Mempublikasikan File Di Hosting Gratis?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 14 Jan 2016 | Saat anda memiliki sekelompok file web yang siap untuk dipublikasi tentu anda membutuhkan hosting sebagai tempat untuk menampung file anda agar bisa terpublikasi. Karena folder di komputer yang tidak didedikasikan sebagai web server tidak akan bisa mempublikasikan (menampilkan) web anda di dunia maya.

Apabila budget anda pas-pasan tentu akan lebih baik apabila anda gunakan untuk kepentingan yang lain dibandingkan untuk menyewa hosting. Pertanyaannya .. Apakah ada hosting gratis dengan kapasitas yang cukup besar untuk menampung file-file anda di website? Pertanyaan yang sama yang juga mampir ke benak saya saat pertama kali saya masih melakukan uji coba pembuatan web.

Ternyata dengan menggunakan kata kunci "free hosting unlimited", saya mendapatkan beberapa link hosting gratis dengan kapasitas besar. Luar biasa, hal seperti ini menjadi mungkin di era informasi yang sudah semaju sekarang ini. Hasil pencarian yang saya lakukan pada tahun 2008 lalu dengan yang saya lakukan pada awal tahun 2016 pada saat artikel ini saya tulis ternyata berbeda.

Banyak hosting gratisan yang hilang dari daftar pencarian Google, banyak hosting gratisan yang masuk kedalam kategori mengandung konten berbahaya seperti malware. Dan banyak juga hosting gratisan yang dulu dalam daftar search engine masuk dalam 10 pencarian teratas, sekarang malah berada di urutan dibawah 50 dalam urutan search engine.

Maka dapat saya simpulkan bahwa, menyimpan file web yang bersifat komersial atau file web yang digunakan untuk keperluan jangka panjang tidak aman apabila disimpan di hosting gratisan. Terbukti ada hosting gratisan yang dulu merupakan hosting gratisan yang populer dan sering menjadi rekomendasi dari para pemain web, sekarang malah sudah tergolong web yang mengandung konten berbahaya.

Dan juga ada juga hosting gratisan yang setelah kurun waktu tertentu kemudian hilang dari peredaran. Bayangkan saja bagaimana nasib file web anda apabila anda simpan di hosting yang bisa tiba-tiba menghilang seperti itu? Bagaimana bila konten didalamnya penting?

Jadi saran saya adalah, pergunakan hosting gratis untuk keperluan uji coba, namun untuk web yang bersifat komersial atau yang sudah dipastikan untuk tujuan jangka panjang sebaiknya anda menyewa hosting berbayar. Toh harga hosting berbayar saat ini semakin lama semakin terjangkau. Biasanya paket termurah yang disediakan oleh provider hosting ada yang hanya USD 0,5 saja perbulan.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Amankah Mempublikasikan File Di Hosting Gratis?”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...