Wednesday, January 6, 2016

5 Langkah Praktis Untuk Melakukan BackUp Aplikasi Android Anda

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 6 Jan 2016 | Untuk menginstal aplikasi pada OS Android di smartphone maka secara umum langkah yang biasa dilakukan adalah membuka aplikasi Google Play Store, kemudian melakukan pencarian dengan mengetikkan nama aplikasi yang dicari, dan kemudian klik tombol instal setelah halaman aplikasi yang sesuai muncul.

Apa yang kemudian terjadi apabila HP harus direset ulang karena sesuatu hal, misalnya terjadi kerusakan software atau RAM tempat aplikasi disimpan rusak, atau hal-hal lain yang menyebabkan seluruh atau sebagian aplikasi terhapus? Yang harus dilakukan adalah melakukan instal ulang untuk seluruh aplikasi yang diperlukan bukan?

Melakukan instal ulang lewat Google Play Store satu persatu akan sangat menyita waktu, dan juga menguras kuota internet anda. Bila rata-rata sebuah aplikasi memiliki ukuran 15MB saja maka apabila ada 20 aplikasi saja yang harus anda download ulang lewat Google Play Store maka akan terpakai kuota internet sebesar 300MB. Apalagi bila ternyata ada aplikasi yang lebih besar dari 15MB, misalnya saja WhatsApp dan LINE, kedua aplikasi populer itu berukuran lebih besar dari 15MB.

Cara yang paling mudah adalah dengan menyimpan setiap file induk (installer) dari aplikasi yang pasti akan diinstalasi ke smartphone. Dengan cara ini pada saat instal ulang anda cukup menjalankan instalasi dari installer yang sudah tersimpan di HP anda. File installer pada Android mempunyai ekstensi (extension) APK.

Untuk mendownload dan menyimpan file APK anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini:


  1. Download aplikasi REAL APK LEECHER di: http://www.softpedia.com/get/Mobile-Phone-Tools/Others/Real-APK-Leecher.shtml di PC anda.
  2. Aplikasi Real APK Leecher membutuhkan device ID dari HP anda saat dijalankan, untuk kebutuhan itu maka pada HP ketikan *#*#8255#*#* , akan tampil device ID anda disitu dalam keterangan konfigurasi yang ditampilkan HP. Namun karena yang ditampilkan daftarnya cukup banyak bisa saja anda kesulitan menemukan yang mana device ID. Untuk itu anda bisa juga menggunakan alternatif lainnya yaitu dengan menginstal aplikasi untuk membaca device ID di HP anda. Ada banyak pilihan aplikasi untuk membaca device ID, anda bebas memilih yang mana saja.
  3. Aplikasi Real APK Leecher dapat berjalan tanpa harus diinstal. Anda cukup mengisikan device ID dalam kolom untuk mencatatkan device ID pada aplikasi Real APK Leecher.
  4. Ketikkan nama aplikasi yang anda akan download installernya dikolom pencarian (misalnya: WhatsApp, Line, Kingsoft Office, dan lain sebagainya).
  5. Aplikasi akan menampilkan daftar dari aplikasi yang akan sesuai dengan pencarian. Klik kanan pada daftar aplikasi yang akan anda download, dan klik Save/Download.

Aplikasi installer (APK) akan tersimpan di PC anda, pada saat anda perlu menginstal ulang aplikasi tersebut di HP, anda tinggal meng-kopi file tersebut ke HP dan jalankan installer tersebut di HP. Aplikasi bisa terinstal tanpa harus menguras kuota internet. Aplikasi juga bisa terinstal meski HP anda sedang offline (tidak terhubung ke internet). Selamat mencoba :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “5 Langkah Praktis Untuk Melakukan BackUp Aplikasi Android Anda”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...