Wednesday, August 11, 2010

Waspadai Ancaman Dibalik Merdunya Kicau Burung


www.AstroDigi.com

TEMPOInteraktif.com | Rabu, 07 Juli 2010 | Kicauan burung yang merdu ternyata membawa bahaya bagi orang di sekitarnya. Sebuah penelitian di Amerika Serikat melaporkan 'nyanyian' burung itu membawa virus flu.

Menurut peneliti, burung-burung membawa virus avian influenza patogenik rendah. Meskipun virus itu tidak terlalu berbahaya seperti virus flu burung (H5N1), namun ia dapat bermutasi dan mengancam kehidupan manusia.

Alur penyebaran virus flu ini bisa saja tidak secara langsung hinggap di tubuh seseorang melainkan dapat menular ke binatang lain terlebih dahulu, misalnya babi. Menurut para peneliti, inilah yang menjadi cikal bakal virus flu babi.

Tom Smith dari University of California, Los Angeles, yang memimpin penelitian ini mengatakan penelitian ini membuka pengetahuan bahwa virus flu burung bukan hanya berasal dari unggas seperti bebek saja. "Tapi juga ada jenis burung atau unggas lainnya yang bisa menjadi vektor," katanya.

Para peneliti, menurut Smith, telah menguji lebih dari 13 ribu burung dari 225 spesies yang berbeda di 41 negara bagian Amerika Serikat. Hasilnya, peneliti menemukan virus avian influenza patogenik rendah dalam 22 spesies, terutama pada burung gereja dan kutilang.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Waspadai Ancaman Dibalik Merdunya Kicau Burung”


Post a Comment