Wednesday, August 4, 2010

Soyuz TMA-19, Pesawat Luar Angkasa Yang Diluncurkan Tahun Ini


www.AstroDigi.com

TEMPOInteraktif.com | Rabu, 16 Juni 2010 | Pesawat luar angkasa ke-100 diluncurkan Juni 2010 lalu. Bersama tiga awaknya, pesawat dengan nama Soyuz TMA-19 meluncur menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Tiga awak yang berada di dalamnya adalah astronot dari Amerika Serikat Douglas Wheelock dan Shannon Walker serta kosmonot Rusia Fyodor Yurchikhin.

Roket dengan nilai proyek US$ 100 miliar itu berangkat dari Kosmodrom Baykonur, di Kazakhstan. Untuk kedua kalinya, Fyodor Yurchikhin seorang mantan komandan stasiun luar angkasa dipercaya mengendarai roket tersebut.

Adapun Douglas Wheelock, pernah menjadi astronot pesawat ulang-alik dan Shannon Walker merupakan astronot pertama asal Houston. "Saya senang dan sedikit khawatir," kata Walker sebelum terbang ke luar angkasa.

Suami Walker yang juga seorang astronot bernama Andy Thomas mengizinkan isterinya ikut dalam misi luar angkasa tersebut. "Saya ikut senang, gembira, gugup dan sedikit cemburu," kata Thomas.

Di antara barang-barang pribadi yang dibawa Walker ke luar angkasa adalah sebuah jam yang pernah dikenakan Amelia Earhart, seorang pilot wanita pertama Amerika Serikat.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Soyuz TMA-19, Pesawat Luar Angkasa Yang Diluncurkan Tahun Ini”


Post a Comment