Sunday, August 22, 2010

Perempuan Israel Pajang Foto Tahanan Palestina di Facebook


www.AstroDigi.com

TEMPOInteraktif.com | Selasa, 17 Agustus 2010 | Seorang perempuan mantan serdadu Israel memasang foto kontroversial di laman Facebooknya: foto dirinya berpose di depan sederet tahanan Palestina. Si perempuan mengenakan seragam hijau militer sembari tersenyum, sementara tahanan, dua pria dengan rambut dan janggut beruban, duduk dengan tangan terikat dan mata tertutup kain.

Perempuan muda itu bernama Eden dan tinggal di Ashdod, Israel. Foto itu berada di albumnya yang bertajuk "The Army-the best years of my life". Muda-mudi Israel dikenakan wajib militer, termasuk Eden, yang menyelesaikan masa baktinya tahun lalu.

Foto itu mendapat komentar dari teman-temannya. "Kamu terlihat paling seksi di sini," komentar salah satu temannya. Lalu, komentar tersebut dibalas, "Ya, saya tahu...Kira-kira dia (tahanan) punya Facebook atau tidak! Saya harus nge-tag foto ini untuknya!"

Seperti diberitakan Guardian, Selasa (17/8), Tentara Pertahanan Israel meradang atas tindakan mantan serdadunya itu. Mereka menyebut tindakan tersebut memalukan. "Ini adalah sesuatu yang sangat bodoh, semoga tidak menarik perhatian media," ujar juru bicara militer Israel Kapten Arye Shalicar.

Direktur Eksekutif Komite Publik Penentang Penyiksaan Israel, Ishai Menuchin, mengatakan gambar ini jadi bukti pelanggaran asas kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia oleh Israel. "Tindakan Eden menggambarkan kultur militer Israel yang membawa generasi mudanya melanggar HAM Palestina secara sistematis," ujarnya.

Namun, Menuchin melanjutkan, militer tidak memberi sanksi kepada perempuan muda itu. Sebab, perempuan tersebut sudah tidak aktif dan tidak membocorkan informasi militer yang sensitif.

Saat ini Eden memblok akun Facebooknya sehingga foto-foto hanya bisa dilihat oleh teman-temannya. Foto yang beredar di media berasal dari seorang narablog yang mengambil fotonya sebelum aksesnya ditutup.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)