Sunday, August 15, 2010

Nao, Robot Yang Mampu Mendeteksi Emosi


www.AstroDigi.com

Inilah.com | 9 Agustus 2010 | Ilmuwan asal Eropa berhasil mengembangkan robot pertama di dunia yang mampu mendeteksi sekaligus menampilkan emosi. Robot ini bernama ‘Nao’.

Seperti dikutip dari Telelegraph, Nao akan menggerakkan bahu saat merasa sedih dan melebarkan tangan untuk memberi pelukan saat merasa bahagia. Robot ini didesain dengan kemampuan meniru emosi anak berusia satu tahun. Tidak hanya itu, Nao didesain untuk memiliki ikatan dengan siapapun yang menyayanginya.

Nao mampu mendeteksi emosi manusia lewat beberapa simbol non-verbal seperti bahasa tubuh dan ekspresi muka. Nao akan lebih mahir membaca perasaan orang lain lewat komunikasi yang berkepanjangan.

Robot ini memiliki kamera video untuk mendeteksi jarak seseorang dan sensor akan memindai bagaimana orang tersebut berperilaku. Bagian ‘otak’ Nao didesain sebagai cermin jaringan syaraf pikiran manusia sehingga mampu mengingat segala interaksi dengan orang yang berbeda.

Pemahaman robot ini menyangkut emosi dasar seperti ‘baik’ dan ‘buruk’ sehingga memungkinkan robot mengidikasikan perasaan ‘bahagia’ atau ‘sedih’.

“Kami mengambil contoh kehidupan seseorang berusia satu tahun,” kata Lola CaƱamero, ilmuwan komputer di University of Herthordshire yang menciptakan emosi Nao.

“Jika seseorang mampu bersikap alami di sekitar robot, maka robot akan mampu diterima dengan baik dan menjadi bagian kehidupan kita,” kata Lola lagi.

Nao dikembangkan oleh Feelix Growing yang didanai oleh komisi Eropa.

Meskipun beberapa ilmuwan percaya bahwa robot dapat digunakan untuk membantu manusia di rumah atau menjaga balita di masa depan, namun beberapa ahli memperingatkan bahwa robot mungkin dapat mengambil alih kontrol dan mencelakakan manusia.

Saksikan pada tayangan video berikut:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Nao, Robot Yang Mampu Mendeteksi Emosi”


Post a Comment