Wednesday, August 4, 2010

Ditemukan Bukti Bangsa Peru Kuno Punya Ritual Mengorbankan Manusia


www.AstroDigi.com

INILAH.com | 24 Juli 2010 | Tempat upacara untuk pengorbanan manusia ditemukan di pesisir utara Peru. Penemuan ini menguatkan teori tentang upacara yang dikenal sebagai The Presentation.

Upacara pengorbanan itu dibawa oleh orang-orang Moche, sebuah peradaban yang berkembang antara 100 tahun sebelum masehi hingga 800 setelah masehi.

Carlos Wester La Torre, direktur Bruning Museum di Peru dan ketua penggalian ini mengatakan bahwa tampaknya situs upacara ini digunakan untuk ritual pembunuhan tahanan perang.

Gambar yang diambil di situs ini menunjukkan bahwa lebih dari setengah lusin tulang ditemukan di ruangan itu.

“Ada sebuah ruangan upacara besar serta jalan yang terhubung ke sisa bagian arsitektur yang menunjukkan keberadaan figur-figur tertentu kaum elit Moche dan juga peralatan ritual seperti korban manusia,” kata Wester.

Tim penggalian ini menemukan koridor sepanjang 60m yang mengarahkan mereka ke dalam 3 serambi yang sama besarnya dan 5 singgasana pada piramida utama situs arkeologi ini.

Sisa-sisa mural (lukisan di dinding) yang ditemukan dalam koridor ini menggambarkan 3 pendeta tinggi yang ornamennya memastikan keikutsertaan pemimpin politik dalam upacara itu.

Peru diyakini menjadi salah satu tempat di dunia di mana pertanian pertama kali dikembangkan, dan memiliki ratusan situs arkeologi termasuk runtuhan Inca di Machu Picchu.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Ditemukan Bukti Bangsa Peru Kuno Punya Ritual Mengorbankan Manusia”


Post a Comment