Friday, March 5, 2010

Pintar Kelola Uang dan Sikapi Utang


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Selasa, 9 Februari 2010 | Bahkan seorang pengajar sekolah menengah atas (SMA) sejak dini harus pintar mengelola uang. Tak berhenti sampai di situ, harus cerdik pula menyikapi utang.

Bekal itulah yang dibawa oleh 25 pengajar SMA di Jakarta usai mengikuti pelatihan perencanaan keuangan yang diselenggarakan INTI Indonesia bekerja sama dengan Akbar’s Financial Check Up pada Selasa (9/2/2010) di Jakarta.

“Sekarang, kalau kita tidak pintar mengatur keuangan, hidup kita akan selalu terasa kurang, tidak jarang malah berakhir dengan banyak utang. Kalau sudah banyak utang, pada akhirnya taraf perekonomian dan kesejahteraan kita pun akan terpengaruh,” begitu pesan Managing Director INTI Indonesia Sudino Lim dalam kesempatan tersebut.

Program perencanaan keuangan tersebut bertajuk “Tips dan Trik Pengelolaan Keuangan untuk Pengajar”. Di dalamnya, para pengajar mendapattips dan trik mengelola keuangan dengan cermat, seperti membiasakan diri untuk mencatat pengeluaran setiap bulannya serta melakukan penyesuaian terhadap pemasukan dan pengeluaran agar bisa mendapatkan disposable income (kelebihan dana) untuk kebutuhan menabung ataupun investasi.

Selanjutnya, para pengajar juga mendapatkan informasi mengenai utang konsumtif dan utang non-produktif serta cara-cara pembayaran utang yang ideal jumlahnya tidak lebih dari
30 persen pendapatan per bulan.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Pintar Kelola Uang dan Sikapi Utang”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...