Saturday, February 11, 2017

Menciptakan Tabel Dengan Instruksi DAO Recordset

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 11 Feb 2017 | Ada saat dimana seorang programmer butuh untuk membuat tabel lewat pemrograman, biasanya adalah saat perlu sebuah tabel temporer untuk menampung data.

Bila beberapa hari sebelumnya saya berbagi tentang bagaimana cara untuk menghapus tabel maka kali ini saya berbagi tentang cara untuk membuat tabel. Programmer yang menguasai cara untuk membuat dan menghapus tabel akan lebih fleksibel dalam mengatur strategi penempatan data, termasuk juga untuk kemudahan pengamanan data.

Berikut ini adalah baris-baris instruksi untuk membuat tabel dan contoh untuk membuat field dengan berbagai pilihan tipe data. Pada contoh yang saya berikan juga termasuk cara untuk membuat sebuah field dengan PRIMARY KEY.

Untuk keperluan tersebut saya menggunakan DAO Recordset sebagai pilihan untuk metode pembuatan tabel. Perhatikan contoh berikut ini:

Private Sub bikinTabel()
Dim Db As DAO.Database
Dim Tbl As DAO.TableDef
Dim tableKu As String
Dim delTable As Boolean
Set Db = CurrentDb()
tableKu = "table1"    'ganti dengan nama yang diinginkan

Db.Execute "CREATE TABLE " & tableKu & " (fld1 counter primary key, fld2 integer, fld3 single, fld4 double, fld5 currency" _
& ", fld6 string, fld7 string(10), fld8 memo, fld9 yesno, fld10 bit, fld11 date, fld12 time, fld13 oleobject);"

Set Tbl = Nothing
Db.Close
Application.RefreshDatabaseWindow
End Sub


'---------------------------------
Bila contoh diatas dijalankan dalam sebuah aplikasi VB atau MS Access, maka akan tercipta tabel dengan nama "table1", yang didalamnya terdapat 13 field dengan tipe-tipe data yang berbeda-beda. Dalam contoh sengaja saya berikan banyak contoh pembuatan tipe data, agar pembaca dapat lebih memahami cara pembuatan tabel yang benar dan sesuai dengan kebutuhan.


Demikian artikel singkat tentang cara pembuatan tabel lewat instruksi VBA. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian, selamat mencoba .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)