Monday, October 14, 2013

Mengoptimalkan Penggunaan Freenote

AstroDigi.com | Senin, 14 Okt 2013 | Anda yang sering perlu melakukan pencatatan tentu terbiasa membawa buku catatan atau agenda kemanapun anda pergi.
Meskipun ini merupakan kebiasaan baik, namun tentu anda merasakan bahwa buku catatan yang anda bawa cukup menyita tempat.

Beberapa waktu sebelumnya AstroDigi pernah menampilkan artikel mengenai Freenote, sebuah program gratis yang dapat membantu anda membuat catatan. Sayang sekali tidak banyak orang yang mampu memanfaatkan Freenote secara optimal.



Saya sendiri saat ini sudah tidak lagi menggunakan buku catatan sebagai media pencatat, dan sudah menggunakan Freenote sebagai gantinya, karena praktis dan tidak memakan tempat.

Untuk penulisan catatan pada mulanya saya menambahkan pilihan kategori terlebih dahulu. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Menu > Prefs > Usage > Categories
Secara "default" Freenote menyediakan dua kategori: Business & Personal

Maka anda akan melihat tulisan: Business Personal dikolom Categories.
Untuk menambahkan kategori, anda tinggal mengetikkan kategori berikutnya dengan sebuah spasi sebelum kategori tersebut.

Misalnya anda ingin menambah kategori "Article", maka tulisan dikolom kategori menjadi: Business Personal Article.
Coba sekarang anda klik pilihan kategori yang ada dibagian kiri atas Freenote, bila anda menambahkan dengan benar anda akan melihat pilihan "Article" sudah ditambahkan oleh Freenote.

Pada saat pencatatan yng pertama saya lakukan adalah memilih kategori dan selanjutnya menentukan title/judul catatan, yang berada dibagian atas Freenote.

Secara umum saya masih menggunakan keyboard untuk mencatat. Untuk memperkecil kesalahan pengetikkan, saya instal AIkeyboard (ada pada artikel terdahulu di AstroDigi), dan saya perbesar ukuran keyboardnya.

Pada saat saya harus membuat catatan cepat, saya menggunakan fasilitas handwriting (tulis tangan), dan pilihan favorit saya adalah "english" untuk menulis cepat, dan "free hand" untuk penulisan lambat. Dan selanjutnya saya gunakan jari untuk menulis.

Untuk memperlambat peng-input-an kata pada handwriting "english" saya perbesar "scribble waiting time" dengan cara sebagai berikut:
Menu > Prefs > Editor > Handwrite(English) > scribble waiting time , saya ubah nilai 300ms menjadi 500ms. Anda tidak harus mengikuti setingan yang sama, bila anda menulis lebih lambat anda perbesar lagi nilai "scribble waiting time" ini.

Untuk melakukan koreksi pada kesalahan syntax saya perbesar dahulu (zoom) dengan menggeserkan dua jari dipermukaan layar (sama seperti zooming gambar), untuk mempermudah saya dalam meletakkan cursor diposisi yang ingin saya edit. Setelah selesai baru ukuran layar saya normalkan.

Untuk mengganti warna tulisan saya tinggal mengklik pilihan warna yang ditampilkan berupa icon tombol bulat dibawah Freenote. Secara default Freenote menyediakan pilihan warna: hitam, merah & biru.

Butuh pilihan warna lain? Tekan saja agak lama tombol warna (yang mana saja), maka Freenote akan menampilkan layar pilihan warna. Mau hijau, kuning, oranye, atau warna apapun bebas anda atur sendiri.

Untuk mengedit warna dari tulisan yang sudah saya buat, biasanya saya block tulisan tersebut dan saya klik pilihan warnanya, dan warna tulisan langsung berubah.
Ketebalan tulisan juga bisa diatur dengan memilih garis tebal atau garis tipis, yang tombolnya ada disamping tombol warna.

Untuk melakukan blocking, anda tinggal menahan jari agak lama dipermukaan layar dan menggeser keseluruh kata yang anda pilih.

Untuk membagi catatan, tinggal klik tombol bertuliskan Share, dikanan atas Freenote. Share > Share to > Next > Whatsapp
Diatas adalah pilihan bila saya membagi catatan saya via Whatsapp. Dalam prakteknya anda bisa memilih pilihan share ke media yang lain selain dari Whatsapp.

Bersambung >>    

Comments :

0 comments to “Mengoptimalkan Penggunaan Freenote”


Post a Comment