Sunday, October 27, 2013

Mengatasi Karyawan Bermasalah

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 27 Okt 2013 | Apakah anda pemilik usaha? Atau apakah anda seorang yang didalam pekerjaan memimpin sejumlah karyawan sebagai bawahan anda? Bila jawabannya "ya" maka ada kalanya anda harus berhadapan dengan karyawan yang bermasalah.

Apakah definisi dari karyawan yang bermasalah itu? Karyawan dapat dikategorikan bermasalah apabila kapabilitas dan kompetensinya berada dibawah standar kerja yang ditetapkan perusahaan.
Meskipun setiap perusahaan punya standar kerja berbeda, namun setiap perusahaan pasti sama sama butuh penyelesaian atas keberadaan karyawan bermasalah.


4 Langkah Mengatasinya

Ada 4 langkah yang bisa anda lakukan untuk menyelesaikan masalah ini dengan cara yang benar, yaitu:
1. Jangan jadikan PHK atau mutasi sebagai strategi utama!
Anda boleh saja menerapkan sangsi PHK ataupun mutasi kepada karyawan bermasalah, namun hendaknya ini menjadi alternatif terakhir.

Menjadikan PHK atau mutasi sebagai strategi utama akan membuat anda kesulitan memperoleh karyawan yang dapat bertahan lama, dan berujung pada penurunan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

2. Cari akar permasalahan.                                                     
Akar permasalahan kadangkala bukan karena karakter dan kemampuan kerja karyawan saja. Lingkungan kerja, suasana keluarga, kebiasaan, dan contoh keliru dari atasannya bisa jadi ikut membentuk kepribadian karyawan tersebut.

Sebaiknya anda luangkan sedikit waktu untuk melakukan investigasi dan juga introspeksi, dengan bertanya, pada karyawan lain dan juga keluarganya.
Misalnya karyawan yang punya kecenderungan korupsi, bisa jadi hal itu dipicu oleh tabiat buruknya yang gemar menghabiskan uang ditempat maksiat.

Karyawan yang pemarah, bisa jadi kondisi rumah tangganya yang panas, sering bertengkar dengan istri mengenai kebijakan membesarkan anak misalnya.
Dengan sedikit investigasi anda bisa menemukan akar permasalahannya.

3. Tentukan solusi yang tepat.
Setelah masalah ditemukan, anda tentukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Berikan pengarahan dan juga sangsi untuk karyawan bertabiat buruk. Panggil keluarga atau teman yang mempengaruhi dan membentuk kepribadian buruk, berikan nasehat agar semua bisa memperbaiki diri. Bila masalahnya berasal dari anda sendiri, berarti sudah saatnya andalah yang memperbaiki diri.

Ruang di artikel ini tidak akan pernah cukup untuk menuliskan semua kemungkinan masalah dan solusinya, pada intinya hal ini kembali pada kejelian anda menangkap permasalahan dan kemampuan anda menemukan solusinya.

4. Pastikan kesalahan yang sama tidak terulang kembali.
Lakukan motivasi, training & briefing secara berkala untuk meningkatkan semangat kerja, meningkatkan ketrampilan kerja dan menekan terjadinya kesalahan. Dengan cara itu diharapkan kesalahan kesalahan serupa tidak terulang kembali.

Lakukan review secara periodik, misalnya 1 bulan atau 2 bulan sekali untuk memantau perkembangan program perbaikan yang anda lakukan.

Demikian tips untuk hari ini, semoga bermanfaat, have a nice day :)
 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Mengatasi Karyawan Bermasalah”


Post a Comment