Saturday, October 26, 2013

3 Kunci Utama Untuk Menjadi Pemimpin Yang Baik

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 26 Okt 2013 | Ada sebuah pepatah dalam bahasa Inggris yang bunyinya begini:
"If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader"

Artinya: "Bila tindakan yang anda lakukan mampu menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih, belajar lebih, berbuat lebih dan menjadi sesuatu yang lebih, maka anda adalah LEADER (=pemimpin).

Dan bila ungkapan diatas kita maknai dari sisi sebaliknya akan berarti bahwa kalau tindakan anda tidak menginspirasi orang lain (tentunya dalam hal ini orang orang yang anda pimpin), maka kepantasan anda sebagai pemimpin patut dipertanyakan.

Apakah yang harus kita lakukan agar kita menjadi pemimpin yang pantas?
Ada 3 kunci utama yang harus kita lakukan untuk mewujudkan hal ini, yaitu:
1. Memperbaiki sikap dan gaya hidup 
2. Terus belajar
3. Tekun berlatih

     
Memperbaiki Sikap dan Gaya Hidup

Dimasa lalu anda, mungkin anda terbiasa dengan pola dan gaya hidup yang berlawanan dengan kepatutan. Maka saat anda ditunjuk atau terpilih sebagai pemimpin sudah selayaknya anda memperbaiki pola dan gaya hidup anda mulai sekarang.

Pemimpin selayaknya menjadikan dirinya sebagai teladan dan panutan bagi orang orang yang dipimpinnya. Adalah tabu bila seorang pemimpin justru menjadi contoh buruk bagi orang orang yang dipimpinnya.

Bila seorang pemimpin terus memelihara kebiasaan buruknya maka bawahan yang meniru perilakunya tidak akan dapat ditindak. Kebiasaan buruk pasti akan menurunkan wibawa, dan pada akhirnya menurunkan motivasi kerja para bawahan.


Terus Belajar

Seorang pemimpin sejati seharusnya senantiasa menambah wawasan dan pengetahuannya agar selalu "up to date".

Pemimpin yang pola berpikirnya ketinggalan jaman dan enggan belajar akan kehilangan kesempatan untuk mengenali secara utuh kemampuan kerja dari bawahannya dan biasanya akan kehabisan solusi saat masalah datang.


Tekun Berlatih

Dengan belajar pengetahuan seseorang akan bertambah dan wawasannya akan berkembang. Dengan tekun berlatih maka semua yang dipelajari akan membuat seseorang menjadi terampil dan bahkan ahli.

Tanpa latihan teori hanya akan terpendam didalam otak anda dan kemampuan anda yang sebenarnya tidak akan tumbuh, dan hal yang paling buruk adalah anda tidak dapat mengukur kemampuan anda sendiri tanpa berlatih.

Demikian 3 kunci utama, untuk mengembangkan kemampuan anda, semoga dapat menjadi pedoman dan manfaat bagi anda.
Have a nice day :)


www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)