Monday, October 28, 2013

3 Cara "Eye Contact" Yang Benar

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 28 Okt 2013 | Sebagai makhluk sosial, berkomunikasi dengan sesamanya tentu sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari manusia. Sedemikian terbiasanya, sehingga komunikasi bisa berlangsung tanpa perlu proses berpikir mendalam. Akibatnya seringkali, manusia sebagai pelaku komunikasi, tidak melakukan komunikasi dengan cara yang benar.

Salah satu peraturan wajib dalam komunikasi yang benar adalah melakukan "eye contact" dengan lawan bicara. Apakah "eye contact" itu? Secara singkat berarti kontak mata .... begitu saja. Namun dalam teknik berkomunikasi, eye contact bisa diartikan sebagai cara untuk saling menatap pada mata, sebagai bagian dari proses penyampaian rasa.

Ada beberapa orang yang dalam berkomunikasi tidak melakukan eye contact, atau ada juga yang melakukan eye contact dengan cara yang salah. Berikut ini 3 cara melakukan eye contact yang benar:
1. Iringi Dengan Senyuman
Bagian dari wajah anda bukan hanya mata, artinya saat lawan bicara menatap anda, yang terlihat diwajah anda bukan hanya mata. Mengiringi tatapan mata dengan senyuman akan membuat kesan hangat bagi lawan bicara anda.

Eye contact tanpa senyuman akan membuat seseorang tampil dengan kesan yang dingin dan kurang bersahabat. Membiasakan tersenyum, juga membuat seseorang dengan bentuk bibir yang ujung ujungnya melengkung kebawah, menjadi berubah tertarik keatas. Otot otot wajah dibagian ujung bibir akan membentuk sebuah tarikan permanen yang memperbaiki postur bibir.

2. Bagi Secara Merata
Seringkali kita berbicara dengan beberapa lawan bicara sekaligus, atau bahkan bagi beberapa orang, dalam profesinya harus berbicara didepan umum. Nah .... pada saat seperti itu bagikan eye contact secara merata keseluruh lawan bicara.

Banyak orang yang pada saat bicara hanya memandang kesatu sisi saja, akan membuat lawan bicara atau pendengar disisi yang lain merasa terabaikan atau setidaknya kurang diperhatikan.

3. Jangan Menatap Tanpa Jeda
Eye contact itu keharusan, tapi lakukan dengan jeda beberapa waktu sebelum anda kembali saling menatap.
Memandangi lawan bicara tanpa terputus akan memberikan kesan anda sedang melakukan investigasi, atau lucunya beberapa orang bahkan merasa lawan bicaranya sedang berusaha menghipnotisnya.

Akan lebih mudah bila anda memegang sebuah object, entah itu buku, cangkir, gelas, botol, laptop,atau apa saja, maka dengan mudah anda bisa mengalihkan pandangan anda sesekali ke object yang anda pegang.

Eye contact yang benar memberikan kontribusi yang besar dalam kesuksesan komunikasi secara keseluruhan, jadi jangan abaikan hal ini, terutama bila anda seorang yang berprofesi sebagai tenaga penjualan.

Demikian tips singkat untuk hari ini, semoga bermanfaat. Have a nice day :)
 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)