Sunday, February 3, 2013

DUPLICATE CLEANER, Program Pembersih Duplikat File

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 3 Feb 2013 | Pada saat menyimpan file di komputer seringkali kita melakukan penyimpanan file lebih dari sekali, entah karena lupa file asalnya, entah karena memang sengaja kita duplikat sebagai cadangan, atau saat meng-kopi file dari seumber lain misalnya USB Flash Disk, atau External Hard disk, kita tidak sempat memeriksanya apakah sebelumnya sudah ada file serupa di komputer kita.

Nah . . file-file yang terduplikat tadi tentunya akan menyita ruang di hard disk kita, hal yang tentunya merugikan kita. Terutama bagi user yang tidak mempartisi hardisknya, ruang hardisk yang tersita juga dapat mempengaruhi kecepatan eksekusi komputer.

Memeriksa secara manual file-file yang terduplikat seringkali merupakan pekerjaan sulit karena belum tentu kita ingat nama-nama file telah kita buat dan kopi-kan ke komputer. Untuk keperluan kita bisa menggunakan "Duplicate Cleaner" yang bisa anda download secara gratis di:
http://www.duplicatecleaner.com/

Aplikasi buatan Digital Volcano ini bisa anda download secara gratis, dan tanpa limit waktu pemakaian. Untuk menghapus file-file yang terduplikat, mula-mula anda harus menggunakan fasilitas scanner dari aplikasi ini. Pekerjaan ini bisa memakan waktu yang cukup lama apabila aplikasi harus melakukan scan pada folder yang berisi ribuan file.

Setelah semua file terduplikat ditemukan dan ditampilkan pada daftar, anda bisa memilih file mana saja yang akan dihapus, dengan mencontreng checkbox disamping nama-nama file. Duplicate Cleaner juga menyediakan fasilitas untuk memilih secara massal, sehingga anda tidak perlu melakukan pencontrengan satu persatu. Fasilitas ini akan sangat membantu bila file yang terduplikat mencapai ribuan.

Pilih opsi untuk menandai semua file terduplikat dan hanya menyisakan 1 (satu) saja file yang sama. Setelah semua file ditandai, jalankan pilihan untuk menghapus semua file yang sudah ditandai tadi.

Yang anda lakukan tinggal menunggu aplikasi ini menyelesaikan pekerjaannya. Setelah selesai . .beres deh, ruang hard disk akan menjadi lebih lega dengan bebasnya file terduplikat.

Sekian tips penggunaan aplikasi Duplicate Cleaner, selamat mencoba . . have a nice day :)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1


Try this free tool DuplicateFilesDeleter It is extremely fast and has an internal preview too.

Unknown said...
on 

Post a Comment