Thursday, December 13, 2012

Kogoro Kurata, Pencipta Robot Raksasa

www.AstroDigi.com Kompas.com | Kamis, 29 Nov 2012 | Saat masih kanak-kanak, Kogoro Kurata banyak menyaksikan film-film animasi bertemakan robot. Sama seperti anak-anak lain, Kogoro juga bermimpi bisa mengendalikan robot seperti di dalam film-film animasi itu. Bedanya, Kogoro kemudian mewujudkan mimpinya itu.

Robot karya Kogoro Kurata ini berbentuk hewan raksasa seberat empat ton setinggi empat meter. Robot ini dilengkapi "cockpit" dan pengendali lengan yang memungkinkan sang pengendara menggerakkan lengan-lengan robot. Robot itu bisa bergerak dengan kecepatan 10 km per jam.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
"Robot-robot yang kami lihat dulu selalu besar dan selalu ada pengendaranya. Saya kira robot-robot seperti itu tak banyak berarti di dunia nyata," kata seniman berusia 39 tahun itu.

"Tapi ini adalah mimpi saya. Saya bermimpi bisa mengendarai robot. Dan saya kira ini adalah bagian dari budaya Jepang. Saya selalu berpikir menciptakan robot adalah yang harus dilakukan orang Jepang," ujarnya.

Prototipe robot ini dilengkapi dengan sistem operasional yang memungkinkan pengendali jarak jauh dan kendali dari iPhone. Robot ini juga dilengkapi "senjata" yang bisa menembakkan botol plastik.

Robot yang membutuhkan dua tahun dalam pembangunannya ini, dihargai tidak murah. Kogoro menghargai robotnya ini 1,3 juta dolar atau sekitar Rp 12,5 miliar untuk model standar.

Kogoro mengklaim dia sudah menerima ribuan pertanyaan terkait pembelian robot. Dia juga menerima banyak pembatalan pesanan. Namun, bagi dia semua ini tidak penting.

"Saya berharap ada orang lain yang bisa menciptakan lebih baik dari yang sudah saya lakukan," kata dia.

"Mereka nantinya bisa menciptakan sebuah komunitas robot yang bahkan saya sendiri tak bisa membayangkannya. Saya harap ada dampak dari pembuatan robot ini," Kogoro berharap.
Sumber :
Reuters

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Kogoro Kurata, Pencipta Robot Raksasa”


Post a Comment