Saturday, December 1, 2012

5 Langkah Mudah Transfer Data Android – PC Secara Wireless

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 30 Nov 2012 | Beberapa rekan kerja mengeluh mengenai sulitnya melakukan transfer data antara Android – PC. Ada yang bermasalah dengan kabel data, ada yang tidak menemukan driver yang cocok untuk membuat folder di Android dapat terbuka di PC, dan hal-hal lain semacamnya.

Ikuti  5 langkah mudah untuk transfer data antara Android – PC, berikut ini:

www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com Pertama:
Instal ES File Exlporer pada (smartphone/tab) Android anda. Seperti aplikasi lain pada umumnya ES File Explorer tersedia di Google Play Store, dan bersyukurlah bahwa aplikasi ini gratis.

Kedua:
Instal FileZilla di PC anda. Aplikasi ini bisa anda download secara gratis di: http://filezilla-project.org/download.php.

Ketiga:
Buat agar baik Android maupun PC terhubung ke jaringan wireless yang sama. Bila tidak ada jaringan wireless maka anda bisa aktifkan fasilitas hotspot pada Android anda dan koneksikan PC anda jaringan hotspot Android tadi.

Keempat:
Jalankan ES File Explorer di Android.
Buka Main_Settings > Settings >  Remote_Settings > contreng check_box pada Remote_Manage
Baca alamat ftp yang tertera di bawah tulisan Remote Manage (misal: visit: ftp://192.168.1.75:3721)

Kelima:
Jalankan FileZilla di PC anda. Isikan alamat ftp yang ditunjukkan oleh Android (misal: 192.168.1.75:3721) pada kolom “Mesin” yang terletak di bagian kiri atas, abaikan kolom lainnya, biarkan kosong.
Klik tombol koneksi cepat.

Maka bila langkah yang anda lakukan sudah benar anda akan melihat file dan folder PC anda pada window Situs Lokal dan file dan folder Android anda berada di window Situs Remote.

Untuk melakukan copy file antara PC – Android anda tinggal melakukan drag & drop antara kedua window. Dan untuk mendelete file anda tinggal memilih file yang akan anda delete dan tekan tombol delete. Simpel :)

Demikianlah tips untuk hari ini, selamat mencoba. Have a nice day . . . :)


www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)