Monday, March 7, 2011

Tegangan, Arus Listrik dan Hambatan - Dasar Elektronika


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | Minggu, 13 Mar 2011 | Dalam ilmu kelistrikan (elektrik) dan elektronika, tegangan, arus listrik dan hambatan adalah 3 hal yang tidak dapat dipisahkan dalam sebuah rangkaian listrik maupun elektronika. Apa sih definisi dari ketiga besaran tersebut?

TEGANGAN adalah perbedaan potensial antara dua titik. Sumber tegangan berarti adalah alat atau perangkat yang mempunyai perbedaan potensial diantara dua atau lebih terminal-terminal penghubungnya. Batere misalnya, mempunyai dua buah terminal, salah satunya mempunyai muatan positif lebih besar, dan terminal lainnya mempunyai muatan negatif lebih besar. Perbedaan potensial antara kedua terminal inilah yang menimbulkan tegangan.

www.AstroDigi.com


Apabila kedua titik yang berbeda potensial ini terhubung melalui beban listrik (misal: lampu, radio, jam, dll), maka akan mengalirlah apa yang disebut dengan ARUS listrik. Jadi arus listrik hanya terbentuk apabila titik-titik yang berbeda potensial terhubung, arus tidak dapat mengalir bila hanya satu titik saja yang terhubung.

www.AstroDigi.com


Besarnya arus listrik yang mengalir ditentukan oleh beban listrik yang terpasang, setiap beban listrik mempunya apa yang disebut dengan HAMBATAN listrik (bisa disebut juga dengan "impedansi"), semakin besar hambatan listrik yang dimiliki oleh beban semakin sulit arus listrik melewatinya, berarti arus semakin kecil.

www.AstroDigi.com


Sebaliknya semakin kecil hambatan listrik, maka akan semakin mudah arus listrik melewatinya, berarti arus listrik semakin besar. Jadi bisa dikatakan bahwa arus listrik selalu berbanding terbalik dengan hambatan listrik.

www.AstroDigi.com


Dalam kelistrikan tegangan mempunyai satuan yang disebut VOLT, arus listrik mempunyai satuan yang disebut AMPERE, dan hambatan listrik mempunyai satuan yang disebut OHM. tegangan listrik disingkat dengan "V", Arus listrik disingkat dengan "I", dan hambatan listrik disingkat dengan "R" (tidak sama dengan inisial satuannya).

Hubungan ketiganya secara fisika dapat dinyatakan dengan rumus: V = I x R
Besar tegangan setara dengan besar arus yang mengalir dikali besar hambatannya.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat . . have a nice day :)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Tegangan, Arus Listrik dan Hambatan - Dasar Elektronika”


Post a Comment