Saturday, March 5, 2011

Mengenal Tipe Data Pada MS Access dan VB


www.AstroDigi.com

Astrodigi.com | Sabtu 5 Mar 2011 | Sebuah variabel (atau text box) apabila dideklarasikan maka ia harus mempunyai tipe data. Pemilihan tipe data akan berpengaruh langsung pada ukuran tempat penampungan file pada database. Ada tipe data yang hanya membutuhkan ruang simpan kecil ada pula yang membutuhkan ruang simpan yang lebih besar.

Berikut ini daftar type data yang sering digunakan dan penjelasannya:

BYTE:
Berukuran kecil dan hanya menampung 2 bit (=1 byte) bilangan hexa yaitu 00 hexa sampai FF hexa, atau bila dinyatakan dalam desimal 0 sampai 255 saja.

BOOLEAN:
Berukuran kecil hanya menampung keterangan TRUE (=benar) atau FALSE (=keliru) saja.

INTEGER:
Berukuran kecil-sedang menampung bilangan non-pecahan antara -32768 sampai 32767

LONG:
Sering disebut juga dengan Long Integer, berukuran sedang, menampung bilangan non pecahan -2147483648 sampai 2147483647

SINGLE:
Disebut juga Single Precision Floating Point, berukuran sedang (lebih besar dari Long), menampung bilangan pecahan sebesar 8 bit (=4 byte) bilangan hexa.

DOUBLE:
Disebut juga Double Precision Floating Point, berukuran sedang (lebih besar dari Single), menampung bilangan pecahan sebesar 16 bit (=8 byte) bilangan hexa.

CURRENCY:
Berukuran sedang (lebih besar dari Single namun lebih kecil dari Double) menampung bilangan non-pecahan antara -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807
Pemilihan tipe data ini akan mengakibatkan secara default data tampil dengan diawali Currency Symbol (lambang satuan mata uang) seperti Rp. 23.000,- atau $ 45 dan lain sebagainya. Oleh karenanya pilihan ini cocok untuk data transaksi keuangan.

DECIMAL:
Berukuran besar, menampung bilangan non-pecahan dengan sebesar 28 bit (=14 byte) hexa. Pilihan ini sebaiknya hanya diperlukan apabila memang data yang diolah angkanya sangat besar, karena tipe data ini memboroskan kapasitas ruang simpan database.

DATE:
Berukuran sedang (setara Currency), digunakan untuk menampung data tanggal dan waktu

STRING:
Berukuran besar, digunakan untuk menampung data text (alfanumerik plus karakter).

OBJECT:
Berukuran sedang, digunakan untuk menampung data referensi Object

VARIANT:
Berukuran sangat besar, merupakan tempat penampung serbaguna dan dapat menampung data apa saja. Bila dalam deklarasi variabel anda hanya menuliskan "DIM A" misalnya, tanpa menyebutkan tipe datanya maka itu berarti anda membuat sebuah variabel dengan tipe data Variant.
Karena tipe data Variant berukuran sangat besar maka sebaiknya hindari penggunaanya bila tidak terpaksa.

Semoga bermanfaat, ditunggu komentar dan pertanyaan seputar artikel yaaa . . . Have a nice day :)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Mengenal Tipe Data Pada MS Access dan VB”


Post a Comment