Tuesday, March 22, 2011

Latcher IC Pemisah Data Dan Address Pada Mikroprosesor Dan Mikrokontroler


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | Rabu, 23 Mar 2011 | IC latcher adalah IC yang berfungsi untuk menahan address output dari Mikroprosesor atau Mikrokontroler.
Umumnya output address dari Mikroprosesor atau Mikrokontroler dikeluarkan bergantian dengan input/output data.

Jadi setiap kali Mikroprosesor atau Mikrokontroler mengirim/mengambil data maka Mikroprosesor atau Mikrokontroler tersebut harus mengeluarkan address output dulu agar tujuan/sumber pengiriman/pengambilan data jelas, hal ini dilakukan dalam satu siklus (satu pulsa clock).

www.AstroDigi.com


Pada siklus berikutnya (pulsa clock berikutnya) barulah dari pin yang sama dari tempat keluarnya address output tersebutlah Mikroprosesor atau Mikrokontroler mengeluarkan/mengambil data ke/dari luar.

Karena fungsi dari IC latcher ini adalah untuk menahan address output dari Mikroprosesor atau Mikrokontroler, maka pada sistem minimum umumnya IC ini disebut sebagai address latcher.

Perhatikan gambar IC Mikroprosesor disitu tampak jelas bahwa pada pin no. 16 s/d 9 terdapat inisial AD0 s/d AD7, yang berarti pin tersebut berfungsi ganda sebagai address output dan data input/output.

Sementara pada pin no. 8 s/d 14 dan 39 s/d 35 terdapat inisial A8 s/d A19, yang berarti pin tersebut berfungsi hanya sebagai address output saja.

Jadi sebenarnya Mikroprosesor atau Mikrokontroler menghasilkan 20 bit address output yaitu mulai dari A0 s/d A15, namun address output untuk bit 0 s/d bit 7 disatukan dengan data input output (seharusnya D0 s/d D7) pada pin AD0 s/d AD7.

www.AstroDigi.com


Keuntungan dari teknik ini adalah jumlah pin-pin pada Mikroprosesor atau Mikrokontroler tersebut menjadi lebih sedikit dari yang diperlukan karena ada pin-pin tertentu yang mempunyai fungsi ganda.

Namun kerugian dari penyatuan fungsi address output dan data input/output ini adalah menjadi diperlukannya IC tambahan untuk memisahkan kembali output data dari Mikroprosesor atau Mikrokontroler.
IC yang membantu memisahkan address output dari pin AD0 s/d AD7 inilah IC address latcher tersebut.

IC latcher ini yang kemudian selanjutnya akan kita sebut sebagai address latcher, mempunyai 8 pin jalur input dan mempunyai 8 pin jalur output. Pada jalur input diberikan AD0..AD7 dari Mikroprosesor atau Mikrokontroler, pada saat AD0..AD7 berfungsi sebagai A0..A7 (address output) pin ALE ouput (address latch enable) menghasilkan 1, yang mengakibatkan data masuk di jalur input diteruskan ke jalur output.

Pada saat AD0..AD7 berfungsi sebagai D0..D7 (data input/output) pin ALE output menghasilkan 0, yang mengakibatkan diputuskannya hubungan antara jalur output dengan inputnya sehingga data di jalur output tidak berubah namun perubahan data di jalur input tidak akan mempengaruhi data di jalur output, demikian seterusnya.

Pada gambar IC Latcher, ditampilkan 2 jenis address latcher yang banyak/umum dipergunakan dalam sistem minimum, selain kedua tipe IC di atas masih banyak lagi address latcher tipe lainnya.
Pin jalur input pada IC address latcher diberi inisial D sedang jalur output diberi inisial Q.

Akhir kata semoga artikel ini dapat berguna bagi anda, pertanyaan dan komentar seputar IC Latcher ini silakan anda tuliskan pada kotak komentar yang tersedia.

Have a nice day :)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

Saya tertarik dengan postingan diatas. Informasi yang anda berikan sangat bermanfaat sehingga dapat menambah pengetahuan saya. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi http://ps-elektronika.gunadarma.ac.id/

Unknown said...
on 

Post a Comment