Monday, March 14, 2011

Bikin Tombol Jelly Hanya Dengan Bermodalkan Power Point


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | 14 Mar 2011 | Gambar tombol bening mengkilap biasanya dibuat dengan menggunakan program pengolah grafis seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, GIMP ataupun program-program lain sejenisnya.

Namun bagi user yang belum bisa menggunakan program grafis ataupun bila saja tidak terinstal program grafis tersebut dikomputer anda (karena program originalnya memang harganya mahal :) ), masih ada cara lain dengan menggunakan Power Point yang merupakan program bawaan dari paket MS Office.
Ikuti langkah-langkahnya:

Buka Power Point, pilih lembar baru yang kosong. Dari toolbar draw, ambillah sebuah lingkaran, letakkan ditengah bidang kerja dan buat ukurannya cukup besar.

www.AstroDigi.com


Letakkan mouse diatas gambar dan klik kanan untuk menampilkan properties. Pilih Format Autoshape.
Pada area Fill scroll pilihan pengolahan color, pilih Fill Effect, pilih two colors, pilih warna putih dan hitam. Untuk style pilih From Center, pilih tampilan gelap ditengah dan putih ditepi

www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


Tambahkan lagi bulatan baru menutupi bulatan pertama
Lakukan hal yang sama seperti pada bulatan pertama untuk mengubah warna. Pilih two color juga, pilih warna Merah dan Kuning (misal saja, sebagai contoh). Untuk style pilih horizontal dan pilih tampilan dimana warna yang lebih cerah diatas

www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com


Tambahkan satu bulatan lagi, kali ini dibuat agar ceper, membentuk elips

www.AstroDigi.com


Seperti langkah sebelumnya ganti warna dan pilih two colors lagi, pilih warna kuning dan putih, pilih style horizontal. Buat agar warna yang lebih cerah ada diatas.

www.AstroDigi.com


Setelah selesai dengan langkah tersebut maka anda akan mendapatkan sebuah tombol jelly

www.AstroDigi.com


Agar komponen pembuat tombol tidak terpisah, maka pilih seluruh komponennya, lanjutkan dengan klik kanan untuk menampilkan properties, pilih grouping dan lakukan group, seperti tampak pada gambar dibawah ini.

www.AstroDigi.com


Selesai sudah, sebuah tombol yang sudah utuh tadi dapat ditarik/dilonjongkan tanpa menimbulkan efek asimetri (hanya satu komponen yang tertarik misalnya). Perhatikan gambar berikut setelah tombol diceperkan (dibuat elips)

www.AstroDigi.com


www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)