Tuesday, February 28, 2017

Wow! Mobil Balap Dari Bahan Sayuran Ini Bisa Melaju Kencang Dengan Bahan Bakar Coklat

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 28 Feb 2017 | Berbagai uji coba untuk menemukan bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi seringkali dilakukan oleh berbagai lembaga penelitian, terutama di universitas-universitas terkemuka. Dan hasilnya kemudian kita mengenal ethanol yang bahan dasarnya adalah kelapa sawit.

Nah .. kali ini sekelompok peneliti dari Universitas Warwick, Conventry, Midland Barat, Inggris, menguji coba bahan bakar alternatif lainnya yaitu dari residu hasil pengolahan coklat, yang merupakan limbah dari industri coklat yang selama ini tidak dimanfaatkan. Mereka mencampurkan dengan residu lain yang berasal dari minyak sayur dan juga bahan-bahan katalis lainnya untuk menghasilkan bahan bakar baru sebagai alternatif BBM.
www.AstroDigi.com
Tentu saja hal ini masih sekedar uji coba, karena suplai dari limbah coklat ataupun minyak sayur tidak akan mencukupi untuk memenuhi pesanan sebanyak konsumen BBM saat ini, namun setidaknya dunia dapat mengetahui bahwa ada bahan bakar ramah lingkungan lainnya, dengan memanfaatkan kembali limbah nabati.

Pada 2009 lalu para peneliti telah menguji-coba bahan bakar alternatif ini ke mobil balap sekelas Formula 3 (F3). Luar biasanya, mobil balap buatan mereka ini sebagian bahan bakunya juga dibuat dari daur ulang produk nabati, dan terutama jenis sayuran. Dalam pengujian mobil balap ini, tiga orang peneliti dalam proyek tersebut, yakni Dr Kerry Kirwan, Dr Steve Maggs, dan Dr James Meredith yang menjadi manajer proyek, menyebutkan bahwa mobil balap dengan bahan bakar alternatif tersebut mampu meluncur hingga 200 Km/jam.

Hasil uji memang menunjukkan bahwa oktan dari bahan bakar alternatif ini memang belum mampu mengungguli BBM campuran yang khusus digunakan untuk mobil balap, namun hasil uji tersebut menunjukkan bahwa kualitas bahan bakar ini memadai untuk penggunaan kendaraan dalam kecepatan wajar. Hasil uji mereka ini telah mereka pamerkan dalam ajang pameran tahunan teknologi mesin di Inggris, yang bertajuk Goodwood Festival of Speed.

Saksikan penampilan dari mobil balap yang dibuat dari produk nabati dan berbahan bakar coklat, pada tayangan video berikut ini:



 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Wow! Mobil Balap Dari Bahan Sayuran Ini Bisa Melaju Kencang Dengan Bahan Bakar Coklat”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...