Sunday, February 26, 2017

Seorang Warga Ohio Ditangkap Polisi Hanya Karena Memangkas Rumput

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 26 Feb 2017 | Saat membuka-buka file lama di komuter saya mendapati sebuah berita lama yang unik, yang menceritakan tentang kasus yang dialami seorang warga di kota Sandusky pada tahun 2009 silam. Kasus ini cukup unik meski bukan kejadian besar namun sempat menjadi headline dari surat kabar setempat.

Cerita lama tersebut menceritakan tentang seseorang bernama John Hamilton, warga kota Sandusky, Ohio, Amerika Serikat, yang merasa bahwa Central Park, taman di pusat kota Sandusky tidak tampak tidak terawat, dan rerumputan yang tumbuh diatasnya sudah memanjang sampai lebih dari 12 inchi (30 cm lebih). Ia kemudian berinisiatif untuk memotong rerumputan di taman tersebut dengan mesin potong yang dimilikinya.

Namun karena dianggap mengganggu ketertiban umum, John Hamilton malah ditangkap polisi. Manajer taman kota, Matt Kline, menyayangkan penahanan itu, dan berharap kejadian serupa tidak terulang. Peristiwa tersebut sudah berlangsung lama, yakni pada tanggal 29 Mei 2009. Berita yang pernah saya baca tertanggal 30 Mei 2009 silam, artinya sehari sesudah kejadian penangkapan berlangsung. Dan kemudian saya tidak mengikuti lagi kelanjutan kisahnya, padahal cukup unik karena seolah seperti "air susu dibalas air tuba". Namun apakah kejadiannya memang benar seperti itu?

Setelah browsing kesana kemari barulah saya mendapatkan penjelasan yang lebih baik tentang peristiwa ini. Mengapa sampai seseorang yang berinisiatif memotong rumput malah ditangkap polisi. Meski sehari kemudian ia dibebaskan dari dakwaan namun tetap mendapatkan peringatan untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Jadi beginilah yang sesungguhnya terjadi. John Hamilton, memangkas rumput Central Park dengan menggunakan "lawn mower", mesin pangkas rumput besar yang bisa memangkas rumput sambil dikendarai. Sambil duduk mengendarai lawn mower, ia memangkas rumput dan menggilas ulang rumput-rumput panjang yang telah terpangkas.

Petugas kebersihan menegur John Hamilton, untuk menghentikan pekerjaannya, karena nantinya malah membuat sampah-sampah rumput di taman tersebut akan menumpuk, dan petugas kebersihan mengatakan biarlah ia yang akan menyelesaikan pekerjaan pemotongan rumput tersebut. Namun John Hamilton tidak menggubrisnya dan terus melanjutkan pemangkasan.

Tidak berapa lama kemudian polisi setempat yang mendapat laporan dari petugas kebersihan datang juga ke taman dan meminta John Hamilton untuk menghentikan pekerjaannya. Seperti sebelumnya John Hamilton, tidak menggubrisnya, bahkan setelah teguran kedua disampaikan oleh polisi.

Dan tidak lama setelah John Hamilton sampai kerumah, polisi kemudian menjemputnya dan melakukan penahanan. Alasan penahanan dilakukan dikarenakan John Hamilton dianggap melanggar dan membangkan peringatan petugas yang berwenang. John Hamilton juga dianggap meninggalkan sampah rerumputan yang telah dipotongnya, dan lawn mower yang dikendarainya dari taman sampai kerumah, juga dianggap mengotori jalananan, karena meninggalkan jejak lumpur dan potongan rumput.

Hmmm .. ada ada saja, selayaknya memang bila ingin menyelesaikan suatu masalah, tidak membuat masalah baru lagi, karena akibatnya bisa seperti yang dialami oleh John Hamilton dalam peristiwa ini.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Seorang Warga Ohio Ditangkap Polisi Hanya Karena Memangkas Rumput”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...