Tuesday, February 14, 2017

Cara Melakukan Back Up Registry, Install Registry, Maupun Uninstall Registry

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 14 Feb 2017 | Dalam OS Windows terdapat sebuah fasilitas untuk mencatat konfigurasi dari aplikasi-aplikasi yang diinstal kedalam OS yang disebut Registry. Dengan adanya registry ini maka pengembang aplikasi dapat melakukan pengamanan konfigurasi dari aplikasi yang dibuatnya dengan membuat pengaturan parameter tertentu yang ditempatkan pada registry untuk mencegah kerusakan aplikasi, entah akibat kesalahan pemakaian atau kesengajaan pengguna (misalnya berusaha untuk membajak aplikasi).

Karena registry ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari instalasi aplikasi maka, kerusakan pada registry akan menyebabkan aplikasi tidak bekerja. Namun kadangkala registry juga menimbulkan masalah pada aplikasi tertentu, terutama pada saat "uninstall" (penghapusan aplikasi dari OS). Registry yang tidak turut terhapus secara sempurna seringkali menyebabkan kegagalah saat instalasi ulang (reinstall) dilakukan.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi cara untuk melakukan back up registry, meng-install registry, dan juga cara untuk meng-uninstall registry bila diperlukan.
Hal pertama kali yang harus anda ketahui adalah letak folder yang mencatat registry dari suatu aplikasi. Untuk mengetahuinya anda masuk ke fasilitas RUN yang ada di Windows dan ketikan REGEDIT.
Anda juga bisa masuk ke aplikasi yang sama dengan cara membuka Command Prompt dan mengetikkan REGEDIT [enter].

Meski terlihat banyak folder hanya ada dua folder yang perlu anda cermati yaitu:
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE  dan HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE
Abaikan yang lainnya ..

Saya ambil sebuah aplikasi sebagai contoh, disini saya akan ambil contoh Adobe Reader 7.0 dan Filezilla 3.20.1
Di folder HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE saya mendapatkan sub_folder:
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Adobe\Acrobat Reader\7.0
Namun tidak terdapat folder Filezilla

Namun di folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE , tidak terdapat folder Acrobat Reader, tetapi terdapat folder:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\FileZilla 3

'-----------------------------------------
Berbeda lagi kasusnya dengan aplikasi Paint.net. Saat saya lihat di registry, terdapat folder:
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Paint.NET
dan
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Paint.NET

Artinya baik pada folder HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE  maupun HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE terdapat folder dari aplikasi yang di-install.

'------------------------------------------
Abaikan saja perbedaan diatas, yang penting anda tahu bahwa apabila kita meng-install aplikasi maka setidaknya salah satu atau kedua folder (HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE  dan HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE) akan mencatat registry dari aplikasi tersebut dengan ciri-ciri adanya folder dengan nama aplikasi yang di-install tersebut.


Back Up Registry

Untuk melakukan back up registry, anda cukup klik-kanan pada folder aplikasi yang dimaksud dan simpan file registry tersebut dengan nama sesuai dengan pilihan anda (sembarang), dengan extension .REG.
Untuk contoh kasus diatas maka bila saya melakukan back up registry aplikasi Filezilla 3.20.1, maka saya hanya cukup menyimpan satu file registry. Namun bila saya melakukan back up registry aplikasi Paint.net, maka saya akan menyimpan 2 file registry, satu dari folder: HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Paint.NET , dan satu lagi dari folder: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Paint.NET.

Bila anda ingin menyimpan kedua fila tersebut kedalam satu file maka buka file .REG tersebut dengan Notepad, copy-paste-kan teks dari file pertama dan gabungkan dengan file kedua. Setelah penggabungan teks tersebut anda tidak membutuhkan lagi file pertama tadi, karena semua konten sudah ada di file kedua.


Install Registry

Masuk ke Command Prompt, kemudian masuk ke folder dimana file registry tersimpan, ketikkan: Regedit [nama_file].reg/s [enter]
Bila langkah diatas dilakukan dengan benar maka sebuah folder egistry akan otomatis ditambahkan didalam daftar registry.


Uninstall Registry

Pertama kali anda harus mengedit file .REG yang anda simpan saat backup, disini saya ambil contoh file .REG dari aplikasi Filezilla 3.20.1 yang bila saya buka dengan Notepad akan tertera:
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\FileZilla 3]

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\FileZilla 3\fzshellext]
"Enable"=dword:00000001

Yang harus anda lakukan adalah menambahkan tanda minus (-) didepan teks HKEY_LOCAL_MACHINE sehingga keseluruhan teks akan menjadi:

Windows Registry Editor Version 5.00

[-HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\FileZilla 3]

[-HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\FileZilla 3\fzshellext]
"Enable"=dword:00000001

'------------------------------------
Perhatikan baik-baik penambahan tanda minus (-) pada teks diatas. Simpan kembali file yang sudah diedit.
Lakukan perintah yang sama seperti pada saat melakukan install registry, yaitu: Regedit [nama_file].reg/s [enter]

Bila langkah yang anda lakukan benar maka bila anda membuka registry akan tampak bahwa folder dari aplikasi yang bersangkutan sudah terhapus.

Selamat mencoba :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

This is a great article. It gave me a lot of useful information. thank you very much.

traffic rider |  tank trouble | atari breakout

Alice Taylor said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...