Thursday, February 16, 2017

Berhati-hati Saat Melakukan Download File, Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 16 Feb 2017 | Tahukah anda kalau sebagian besar virus komputer menyebar melalui internet? Dan penyebaran itu dimulai dari proses download yang dilakukan oleh si pemilik komputer itu sendiri yang tidak mengetahui cara melakukan download yang aman.

Seringkali seorang user melakukan download (pengunduhan) file dari situs tertentu di internet, namun tidak lagi memperhatikan detail dari file yang di-download-nya. Bermula dari kecerobohan kecil seperti inilah virus masuk kedalam sistem komputer user.

Untuk menghindari masuknya virus kedalam sistem komputer lewat file yang di-download, maka perhatikan beberapa hal berikut ini:
1. Pastikan antivirus aktif pada saat melakukan download.

2. Bila dimungkinkan, sebaiknya login dari account USER. Login dengan account Administrator beresiko akan membuat file autorun (file yang tereksekusi secara otomatik) langsung melakukan instalasi. Bayangkan apabila file tersebut adalah virus, maka ia akan langsung menyebar didalam system.

3. Pastikan extension (ekstensi) dari file yang di-download sama persis dengan yang dimaksudkan. Misalnya bila seorang user akan mendownload file .DOC maka pastikan hasil download-nya adalah .DOC. Trik yang sering digunakan oleh penyebar virus adalah membuat icon dari sebuah file .EXE menyerupai file .DOC (atau menyerupai icon file extension lain seperti .XLS, .PPT, dan lain sebagainya, sesuai dengan file yang disamarkan).

4. Download dari situs asalnya. Penting bagi user untuk melakukan download dari lokasi asal dimana file berasal. Misalnya ingin men-download file setup untuk Adobe Acrobat Reader, maka ambil file tersebut dari situs resmi Adobe. Ingin men-download file setup untuk antivirus Smadav, maka lakukan dari situs resmi Smadav, demikian seterusnya.

5. Download dari situs terpercaya. Bila melakukan download dari situs asal tidak dimungkinkan, misalnya memang pembuat file memang tidak menyediakan halaman download, atau pembuat file memang sengaja hanya menitipkan file untuk di-download pada situs tertentu, maka sebaiknya user cukup bijak untuk memilih melakukan download dari situs yang terpercaya, atau setidaknya situs yang sudah direkomendasikan oleh user lain yang lebih berpengalaman.

Situs seperti Softpedia, Cnet, FileHippo, dan lain sebagainya yang setara dan sama-sama terpercaya bisa dipilih oleh user untuk melakukan download file yang tidak disediakan oleh pembuat file.

6. Scan ulang dengan antivirus. Melakukan scanning ulang file yang sudah didownload bisa dilakukan untuk memastikan file benar-benar bersih. Scanning ulang ini juga dapat mengungkap apabila ternyata tanpa sengaja sebuah virus terlanjur menyebar didalam system. System yang bervirus akan menampilkan adanya virus saat scanning ulang dilakukan.

Demikianlah 6 hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan download agar user dapat terhindar dari masalah akibat masuknya virus kedalam system komputernya.
Akhir kata semoga artikel ini berguna bagi para pembaca sekalian, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

This is extremely helpful info!! Very good work. Everything is very interesting to learn and easy to understood. Thank you for giving information.

cat mario  | geometry dash | run 3

Alice Taylor said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...