Saturday, February 18, 2017

5 Kiat Menjalankan Bisnis Untuk Mereka Yang Baru Memulai Bisnis

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 18 Feb 2017 | Menjalankan bisnis dengan modal yang tidak berlebih memang perlu strategi tertentu, agar perusahaan tetap dapat berjalan dan bahkan berkembang. Dari beberapa pertemuan dan diskusi dengan rekan-rekan pengusaha baru, ada beberapa hal yang dapat dipetik dari kisah sukses dan kendala-kendala yang mereka hadapi saat meraihnya.

Berikut ini adalah 5 kiat sederhana yang saya kumpulkan dari mereka-mereka berhasil "survive" dalam bisnis yang mereka jalani sekarang:

Pertama:
Pilih bisnis yang demand-nya (tingkat permintaan pasarnya) sudah terbukti besar. Bila memang ada produk yang sedang booming, boleh menjadi pilihan untuk dijadikan produk utama. Ada rekan pengusaha yang memanfaatkan booming busana muslimah sebagai start awal saat memulai bisnis penjualan pakaian muslimah. Dan dulu saat booming ikan Lohan ada juga rekan pengusaha yang bisa mendapatkan keuntungan bisnis hingga ratusan juta hanya dalam waktu singkat.

Kedua:
Pilih supplier (pemasok) yang sehat. Roda bisnis mulai berputar saat perusahaan mendapatkan produk, untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan tersedia saat dibutuhkan maka dibutuhkan supplier yang sehat, dari perusahaan atau unit usaha yang sehat, tidak memiliki masalah keuangan dan memiliki stok produk yang cukup.

Ketiga:
Pilih customer (pelanggan) yang sehat. Sama seperti halnya dengan memilih supplier, dalam menjalankan bisnis dengan modal yang tidak berlebih, maka sebaiknya pilih customer yang sehat, yang tidak memiliki masalah keuangan dan tentunya pembayarannya lancar. Jangan memilih customer berdasarkan skala perusahaan, karena tidak ada jaminan bahwa perusahaan besar mampu memberikan pembayaran yang lancar.

Keempat:
Patuh pada peraturan yang berlaku. Jangan membangun usaha yang banyak melanggar peraturan. Bayar pajak sesuai dengan kewajiban yang sudah ditentukan dalam peraturan perpajakan, urus seluruh izin ataupun sertifikasi usaha atau izin dan sertifikasi yang terkait dengan transaksi.

Kelima:
Bina kemitraan dengan perusahaan yang mampu memberikan bantuan modal, atau perusahaan yang mampu memberikan bantuan sumber daya manusia, atau perusahaan yang mampu memberikan bantuan peningkatan usaha. Misalnya saja anda berbisnis penjualan tanaman, maka sebaiknya anda memiliki supplier sebagai mitra bisnis, yang mampu menyediakan suplai produk dengan baik. Bisa juga anda bermitra dengan perusahaan yang terbiasa melakukan ekspor, sehingga pada saat anda butuh melakukan ekspor maka berbagai kemudahan bisa anda dapatkan.

Demikian "sharing" saya tentang 5 kiat sederhana bagi para pembaca yang berniat untuk memulai bisnis sendiri, semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

The article you have shared here very awesome. I really like and appreciated your work. I read deeply your article, the points you have mentioned in this article are useful

whatsapp baixar

Alice Taylor said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...