Sunday, September 4, 2016

Seni "Balance Rock" Yang Indah, Unik, Dan Ajaib

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 4 Sep 2016 | Berawal dari mendapatkan dua walpaper untuk background (gambar latar) dari komputer saya yang menampilkan foto dari Balance Rock Art. Kemudian saya coba untuk menelusuri bagaimana Balance Rock Art (seni menyeimbangkan batu) ini diciptakan.

Kenyataan yang saya dapati ternyata sungguh-sungguh diluar dugaan saya. Pada awalnya mungkin seperti halnya orang (awam) lain tentunya, meyakini bahwa untuk menyusun batu-batu dalam formasi unik dan rentan jatuh itu perlu lem superkuat dan butuh waktu perekatan yang cukup, dan menurut perkiraan saya setidaknya 24 jam.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Ternyata BUKAN!! Balance Rock Art ternyata benar-benar seni menyusun bebatuan secara seimbang dengan formasi yang kelihatan mustahil tapi TANPA MENGGUNAKAN LEM!!

Memang ada tiruan Balance Rock Art yang bukan sebenarnya, ada yang menggunakan batu yang sudah dilubangi dan kemudian disatukan dengan batang besi panjang untuk menyatukan batu-batu tersebut, dan ada pula yang menggunakan lem dengan daya rekat tinggi untuk menyatukan batu.

Namun Balance Rock Art yang sesungguhnya ternyata benar-benar adalah sebuah seni menyeimbangkan bebatuan tanpa lem. Itulah sebabnya saya menyebutnya AJAIB. Karena saya sudah mencoba untuk menyeimbangkan sebuah batu dengan ujung runcing diposisi bawah, sampai berhari-hari dan GAGAL!

Dari hasil browsing saya dapatkan beberapa nama dari seniman (artist) rock balance ini, diantaranya adalah: Michael Grab, Venus Bowman, Walter Siebert, Travis Ruskus, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan saya mendapatkan juga nama Bill Dan, salah seorang rock balancer yang menurut keterangan yang saya peroleh  dari Wikipedia terlahir di Indonesia.

Para rock balancer ini, mempunyai kemampuan luar biasa dalam mengukur ketepatan dari posisi titik seimbang sebuah benda dan juga perpaduan keseimbangan dari beberapa benda.

Dan yang lebih hebat lagi, sebagai seniman mereka juga mampu memadukan kemampuan mereka dalam menyeimbangkan benda, dengan memilih batu-batuan dan struktur susunan batu tertentu, sehingga selain unik, juga tampak artistik dan menakjubkan karena memang seringkali tampak sulit dipercaya dan memang ajaib.

Dan seni ini juga memiliki penggemar juga. Banyak kalangan berduit dan kolektor seni yang memesan karya dari rock balancer untuk dipajang di gallery seni mereka. Tentu saja pesanan semacam ini harus disusun langsung oleh sang rock balancer secara "live" ditempat dimana susunan batu-batu ini dipajang.

Yang jelas ketekunan para rock balancer ini memang layak untuk diapresiasi, dan hasil karyanya juga pantas apabila dihargai dengan nilai yang tinggi. Mengingat keahlian ini langka dan meski pada prakteknya tampak mudah bagi para rock balancer, namun sesungguhnya keahlian ini sulit luar biasa untuk dikuasai.

Bila anda berminat untuk menjadi rock belancer, mungkin beberapa aksi dari para rock balancer pada tayangan video berikut ini dapat memotivasi ini, selamat menonton (dan mencoba) ..





 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Seni "Balance Rock" Yang Indah, Unik, Dan Ajaib”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...