Monday, September 26, 2016

Cache Manager Terbaru Untuk Windows 7/8/10, Membuat Komputer Bekerja Secepat Kilat!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 26 Sep 2016 | Beberapa tahun lalu tepatnya tahun 2009, saya pernah menuliskan artikel tentang aplikasi Cache Manager XP (link: http://www.astrodigi.com/2009/05/cache-manager-xp-dari-outertech.html), yang fungsinya adalah untuk membantu user dalam mengelola penggunaan RAM, sehingga efektif dan efisien, dimana hasilnya akan membuat komputer melaju lebih kencang.

Sayangnya saat saya mencoba menginstal Cache Manager XP di Windows 7/8 ternyata tidak kompatibel, dan saat saya coba untuk menginstal ke komputer, aplikasi gagal terinstal. Beruntunglah pada saat saya mengunjungi lagi website Outertech, selaku pengembang software Cache Manager, saya mendapat versi yang lebih baru yang kompatibel dengan Windows 7/8/10. Dan yang lebih menyenangkan lagi bagi saya (tentunya juga bagi anda para pembaca), versi terbaru ini juga masih dapat saya nikmati secara gratis.

Untuk men-download setup file dari Cache Manager anda bisa menuju ke link: http://www.outertech.com/thanks-cacheman
Dan klik text bertuliskan "alternate download location" yang terhubung ke link untuk men-download setup file.
Setelah terinstal, apabila anda ingin menikmati fasilitas Cache Manager ini secara gratis maka anda harus mengabaikan fasilitas "Full-Optimizing".

Namun user gratisan masih dapat menikmati fasilitas "Basic Optimizing", dimana aplikasi Cache Manager akan membantu anda untuk melakukan setting yang membuat RAM dapat berfungsi optimal. Dan setting secara Basic Optimizing inipun menurut saya sudah OK. Caranya .. klik tombol Auto Optimizer dan kemudian akan muncul window yang menawarkan optimizing, cukup contreng pilihan Basic Optimizing dan klik tombol OK.

Selain itu, user juga masih dapat melakukan pengosongan RAM secara semi-manual. Jadi selain secara otomatis Cache Manager bekerja, user juga masih dapat mengosongkan RAM sewaktu-waktu dengan mengklik tombol "Free RAM" pada saat RAM telah penuh. Caranya .. jalankan Cacheman Control dan biarkan saja tampilan Cacheman Control terbuka.

Bila anda akan mengerjakan pekerjaan lain, biarkan saja aplikasi Cacheman Control masih berjalan, cukup minimize saja, tidak perlu anda tutup/akhiri aplikasinya. Bila anda merasa bahwa RAM anda terlalu banyak terpakai dan komputer melambat, maka buka window Cacheman Control dan klik tombol "Free RAM Now!" yang berada dibagian atas window.

Klik pada tab "Cache" dan klik radiobutton "Cacheman Controled" yang artinya anda mengaktifkan fungsi yang membuat pengaturan dari cache memory diambil alih oleh Cache Manager. Saya sudah mencoba aplikasi ini untuk mempercepat laju dari kinerja sebuah laptop yang rusak RAM-nya, dan karena saya belum sempat menggantinya maka untuk percepatan kinerja komputer saya gunakan Cache Manager untuk mengosongkan RAM setiap kali penuh dan mendekati 100%. Dan Cache Manager membantu saya untuk bekerja secara normal dengan kondisi RAM yang sudah rusak sebagian (kapasitas 2GB tapi hanya terbaca 932MB saja).

Hanya saja dalam beberapa kali instalasi, ada kalanya shortcut dari Cacheman Control tidak terbentuk dimanapun, baik pada deskop, taskbar, Windows Menu. Maka bila anda mengalaminya berarti anda harus membuat shortcutnya secara manual.
Bila folder untuk instalasi tidak anda ganti, maka aplikasi akan terinstal di: C:\Program Files (x86)\Cacheman.
Dan file untuk eksekusinya adalah: CachemanControl.exe

Maka bila anda ingin membuat shortcut, maka masuklah ke folder tempat instalasi seperti yang disebutkan diatas (kecuali anda pindahkan lokasi instalasinya), klik kanan pada file CachemanControl.exe dan pilih send to desktop, untuk membuat shortcut. Bila langkah anda benar maka akan terbentuk shortcut di desktop anda, sehingga kapanpun anda butuhkan, dengan mudah anda tinggal [enter] atau klik ganda pada icon dari CachemanControl.exe tadi.

OK .. semoga artikel ini berguna bagi para pembaca, selamat mencoba .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Cache Manager Terbaru Untuk Windows 7/8/10, Membuat Komputer Bekerja Secepat Kilat!”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...