Tuesday, February 9, 2016

The Power Of Positive Thingking

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 9 Feb 2016 | Alkisah .. ada sekelompok katak kecil yang berjalan dalam rombongan dari satu tempat ke tempat lainnya. Naas ditengah perjalanan 2 ekor katak terperosok kedalam lubang yang cukup dalam, sehingga sulit bagi mereka untuk keluar dari lubang tersebut. Kedua katak melompat-lompat keatas mencoba untuk keluar, sementara katak-katak lainnya yang masih ada diluar menyoraki mereka.

30 detik berlalu meski lompatan kedua katak yang terperosok mendekati permukaan lubang, namun tidak cukup tinggi untuk mengeluarkan mereka dari lubang. Katak-katak yang ada diluar kemudian berkata kepada mereka yang terperangkap didalam, “sudahlah simpan saja tenagamu, kau juga akan mati didalamnya, daripada sia-sia lebih baik gunakan saja untuk hal-hal yang lain saja, tidak perlu mencoba lagi untuk keluar”, katak pertama yang mendengarkan kata-kata temannya terdiam dan tidak lama kemudian mati. Katak kedua tampaknya tidak menghiraukan kata-kata teman-temannya, ia terus berusaha .. melompat dan melompat.

Akhirnya dalam satu lompatan yang cukup tinggi, katak kedua berhasil keluar dari lubang tersebut.
Sesampai diluar ia berterimakasih kepada teman-temanya, dan berkata, “aku melihat kalian terus berteriak menyemangatiku, sehingga aku terus berupaya untuk keluar dari sini, dan berhasil”. Ternyata katak kedua TULI, sehingga ia tidak mendengarkan kata-kata teman-temannya, ia hanya melihat gerak-gerak bibir mereka dan menyangka mereka sedang memberikan semangat kepadanya.

Dalam hidup, seringkali yang terjadi seperti halnya ilustrasi diatas, kita gagal hanya karena kita terlalu sering mendengarkan komentar negatif dari orang lain tentang apa yang kita upayakan.
“ah .. menjalankan usaha seperti itu tampaknya terlalu sulit untuk diwujudkan, kenapa tidak mencoba yang lain saja?”,
“kamu tidak akan sanggup menjalani pekerjaan itu”,
“ lebih baik berhenti sekarang, toh nantinya akan gagal juga”,
dan lain sebagainya yang artinya senada dengan dengan kalimat-kalimat sebelumnya.

Berbagai komentar miring dan negatif bisa saja menjatuhkan mental kita, bisa saja membuat usaha yang seharusnya mulai berhasil menjadi terhenti dan gagal total. Itulah sebabnya setiap individu yang sukes adalah individu yang mampu memenuhi alam pikirannya dengan hal-hal positif.

Untuk mampu memenuhi pikiran dengan hal-hal positif ada dua hal yang harus dilakukan:
1.    Secara sengaja menghindari dan menyingkirkan segala pikiran negatif
2.    Dalam situasi dimana hal-hal negatif tidak bisa dihindarkan lagi maka, dengan segera lakukan “counter” (perlawanan balik) dengan memikirkan hal-hal yang positif.

Percayalah, pikiran dan tindakan positif mampu membawa kita menuju kesuksesan. Carilah teman yang terbiasa berpikir positif, dan akan lebih baik pula bila anda bergabung juga dengan kumpulan atau komunitas yang membangun mental dan membangun kebiasaan berpikir dan bertindak positif diantara para anggotanya.

Akan lebih baik memanfaatkan segala kelebihan yang kita miliki, daripada mengeluhkan kekurangan yang ada pada diri kita. Jadi bila anda tidak punya modal, lebih baik berpikir bagaimana memanfaatkan ketrampilan yang anda miliki. Bila anda tidak mampu menyelesaikan masalah sendiri, lebih baik berpikir bagaimana membangun team untuk membereskan masalah secara bersama-sama dengan azas saling menguntungkan.

Mereka yang sukses adalah mereka yang tahu bagaimana bersyukur, dan tidak banyak mengeluh. Hanya orang-orang yang banyak berpikir positif yang bersyukur pada apa yang telah dimiliki. Sebaliknya mereka tidak berpikir positif hanya mengeluhkan tentang hal-hal yang belum mereka miliki.

Ada anekdot yang menyebutkan bahwa orang-orang suku Jawa adalah orang yang merasa untung dalam setiap peristiwa entah itu positif atau negatif, tentunya ini adalah semacam humor sehat saja. Misalnya: saat seorang teman mengalami kecopetan, maka akan dikomentari, “untung cuman hilang 500 ribu saja”. Bila ada yang kehilangan atau kerampokan dalam jumlah yang lebih besar, maka bisa jadi akan dikomentari, “untung hanya hilang uangnya, orangnya selamat”. Bila tidak lulus ujian, maka dikomentari, “untung masih punya biasa untuk mengulang”. Dan banyak hal-hal lain semacamnya.

Kita bisa mengambil pola pikir positifnya dari kebiasaan tersebut, tidak harus se-ekstrim contoh diatas namun cukup membiasakan diri untuk melihat sisi positif dari setiap peristiwa. Pikiran positif akan mendatangkan kebahagiaan, dan kebahagiaan akan mendatangkan kesuksesan. Karena hanya orang-orang bahagia yang mampu menggapai kesuksesan yang hakiki.

Mari kita berpikir positif dan SUKSES!!

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “The Power Of Positive Thingking”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...