Wednesday, February 17, 2016

Pengalaman Menggunakan Smartphone Color OS

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 17 Feb 2016 | ColorOS,adalah operating system untuk smartphone. OS ini adalah pengembangan dari OS Android produk Google, hanya saja ada beberapa penyesuaian yang dilakukan dengan tujuan agar lebih sesuai dengan hardware dari HP yang bersangkutan. Jadi dengan Color OS, HP dapat bekerja dengan lebih optimal.

Saya merasakan manfaat dengan menggunakan HP yang OS-nya disesuaikan dengan hardware HP seperti halnya Color OS ini. Untuk menunjang pekerjaan saya menggunakan 2 buah HP, satu HP sudah menggunakan hardware dengan teknologi mutakhir, dan satu lagi masih menggunakan hardware yang dibekali prosesor QuadCore dan RAM yang masih 1GB. Namun pada HP yang berspesifikasi rendah tersebut terinstal Color OS, bukan Android original produk Google.

Nah .. disinilah yang membuat saya salut, meski saya meng-instal sekitar 70 aplikasi pada HP ini, tetapi laju eksekusi dari setiap aplikasi yang ter-instal masih cukup cepat. Pada HP ketiga saya (cadangan) yang memiliki spesifikasi hardware yang setara, namun dengan OS Android yang masih murni produk Google (KitKat) kecepatannya tidak sebaik pada HP yang menggunakan Color OS.

Color OS juga dilengkapi dengan fasilitas untuk mematikan seluruh aplikasi yang sedang berjalan sekaligus. User tidak perlu repot mematikan satu persatu aplikasi yang aktif. Saya memadukan fasilitas ini dengan menambahkan aplikasi DU Speed Booster, dan saya letakkan icon untuk Accelerate pada desktop HP. Jadi setelah saya matikan seluruh aplikasi dengan fasilitas dari Color OS, saya lanjutkan dengan meng-klik Accelerate bawaan DU Speed Booster. Hasilnya HP dapat melaju kencang setiap kali saya butuhkan.

Kenyamanan lain yang saya rasakan adalah dengan tersedianya fasilitas untuk melakukan baca, tulis, edit dan delete pada SDCard. Sekedar info bagi pembaca yang belum tahu, pada Android KitKat fasilitas tulis, edit dan delete pada SDCard dihilangkan, sehingga user tidak dapat menggunakan aplikasi yang pada saat bekerja harus melakukan penulisan, editing, dan penghapusan pada SDCard. Pada OS KitKat, pekerjaan tulis, edit dan delete pada SDCard hanya dapat dilakukan dengan file manager bawaan Android KitKat. Sangat tidak praktis!

Satu lagi yang sangat menguntungkan bagi saya yang setiap kali harus melakukan ”deal” dengan rekan atau customer lewat HP. Color OS menyediakan fasilitas perekaman percakapan, sehingga percakapan penting dapat anda rekam, dan bisa diputar ulang kapan pun anda butuhkan. Bagi yang belum tahu, fasilitas perekaman ini sudah dihilangkan oleh Android sejak versi Ice Cream Sandwich.

Dan sebenarnya masih ada beberapa fasilitas tambahan dari Color OS untuk multimedia, namun bagi saya yang lebih banyak menggunakan HP untuk komunikasi dan pekerjaan teknis tidak terlalu banyak merasakan nilai tambahnya, sehingga kurang banyak sisi multimedia dari Color OS yang bisa saya share di artikel ini.

Demikian sekedar share mengenai pengalaman saya menggunakan HP ber-OS yang bukan Android murni, yakni Color OS, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Pengalaman Menggunakan Smartphone Color OS”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...