Saturday, February 13, 2016

Jerboa, Hewan Pengerat Dengan Tampilan Mirip Miniatur Kangguru

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 13 Feb 2016 | Bila tidak melihat ukuran sebenarnya dari hewan yang satu ini, banyak yang mengira bahwa ia adalah kangguru, namun bila mengetahui ukuran sesungguhnya akan tampak jelas perbedaan antara hewan mungil yang satu ini dengan kangguru, meski tampilannya tampak serupa.

Hewan ini adalah Jerboa, hewan yang mempunyai nama latin “Allactaga Tetradactyla”, kalau kangguru adalah hewan besar pemakan tumbuhan, Jerboa mungil ini masuk kedalam golongan hewan pengerat yang gemar memangsa sesama hewan, seperti halnya tikus. Dan seperti halnya tikus, Jerboa juga makan produk nabati (tanaman), jadi bisa juga dikategorikan sebagai hewan omnivora. Jadi bisa dikatakan bahwa Jerboa ini seolah-olah tikus bertubuh kangguru. Unik bukan??

www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com

Bukan hanya tampilan tubuh Jerboa saja yang mirip kangguru, namun cara mereka berjalan juga mirip seperti kangguru, yaitu dengan melompat kedepan dengan kedua kaki belakang yang lebih kekar dibanding kaki depan. Jadi mirip seperti hewan yang seolah memiliki dua kaki dan dua tangan saja, benar-benar mirip kangguru. Dan juga seperti kangguru, Jerboa mampu berlari kencang, dengan tubuh mungilnya, Jerboa mampu berlari hingga 24 kilometer per jam. Luarbiasa!

Jerboa tergolong hewan malam, mereka biasanya membuat liang di tanah (mirip kebiasaan tikus) sebagai tempat tinggal mereka, dan mereka tinggal didalam liang pada siang hari, dan keluar dari liang pada malam hari untuk mencari makanan dan berburu.

Jerboa juga tergolong hewan gurun. Mereka dapat dijumpai di gurun-gurun di wilayah Afrika Utara dan sebagian gurun di wilayah China. Pada musim dingin Jerboa dapat melakukan hibernasi (Inggris: hibernate), yakni tidur panjang selama musim dingin hingga berakhirnya musim dingin.

Setelah berakhirnya musim dingin, Jerboa bangun dari hibernasinya, setelah mendapatkan makanan, biasanya pada masa setelah bangun dari hibernasi ini mereka memasuki musim kawin. Jerboa akan saling mencari pasangan kemudian kawin. Jerboa betina akan melahirkan setelah masa kehamilan yang cukup singkat, yakni kurang lebih satu bulan saja (25-35 hari).

Jerboa adalah hewan yang independen, mereka biasanya berburu dan tinggal terpisah dan sebelum berkeluarga bahkan seekor Jerboas biasa tinggal sendiri, berburu sendiri. Ternyata meski tubuh mereka mungil, pemberani juga ya?

Saksikan lucunya penampilan Jerboa mungil dalam tayangan video berikut ini:


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Jerboa, Hewan Pengerat Dengan Tampilan Mirip Miniatur Kangguru”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...